Azza Aprisaufa Motivator Muda Indonesia - Trainer Nasional Termuda - Undang Pembicara Seminar Motivasi

Selasa, 23 Desember 2014

10 Makan Ini Menghindarkan Anda Dari Bahaya Penyakit Virus Ebola

10 Makan Ini Menghindarkan Anda Dari Bahaya Penyakit Virus Ebola

Asal muasal datangnya penyakit virus mematikan ebola adalah terjadi di Kongo, Afrika Barat Tepatnya ditahun 1976 terdapat satu sungai yang bernama sungai ebola. Daerah bagian afrika barat ini, dipercaya sebagai daerah pertama yang mengenalkan virus ebola yang hingga saat ini telah menelan lebih dari puluhan ribu jiwa meninggal diberbagai penjuru dunia.

Beruntungnya virus ini belum dan semoga tidak akan pernah hadir di negera indonesia. Boleh dianggap bahwa belum ada warga negera indonesia yang terjangkit virus mematikan ini. Tapi itu bukan berarti bahwa kita lengah dan tidak peduli dengan ancaman penyakit ini. Justru itu kita harus peduli untuk mencegah dan mempelajari penyakit ini, dan juga mengetahui cara pencegahan, penularan dan pengobatan jika terjangkit oleh penyakit ini.

Sekilas review mengenai virus ebola adalah tak ubahnya sama dengan demam dengue atau demam berdarah tapi dengan kapasitas panas yang cukup dan lebih tinggi. Namun perbedaan antara demam berdarah / demam dengue dibandingkan dengan virus ebola adalah pada cara penularannya. Yakin, jika demam dengue disebabkan gigitan nyamuk, maka virus ebola proses penularannya hampir sama seperti penularan HIV AIDS. Melalui kontak, cairan dan darah. 

Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention), sebuah badan milik pemerintah AS yang bekerja menanggulangi dan mencegah penyakit, Ebola adalah penyakit demam berdarah (dapat mencapai 38.6 derajat Celsius) diiringi sakit kepala, muntah-muntah, sakit perut, seluruh badan terasa nyeri, memar dan pendarahan tanpa sebab. Melihat gejala awalnya, penyakit ini mirip penyakit flu, namun kelanjutannya lebih ganas. Perbedaan penyakit ini dengan penyakit demam berdarah (dengue fever) yang pernah kita kenal adalah virus Ebola disebarkan oleh kelelawar, sedangkan virus demam berdarah disebarkan oleh nyamuk. Virus Ebola dapat menyerang manusia dan juga kera. Virus ini tidak dapat menyebar melalui udara, cara penularannya lebih seperti virus HIV penyebab AIDS, yaitu melalui darah dan cairan tubuh.

Dibutuhkan segera pencegahan untuk menghidari diri kita dan keluarga kita dari terjangkitnya virus yang mematikan ini. Berikut adalah 10 Makan yang paling baik untuk mencegah terjangkitnya virus ebola.

Jeruk

Buah jeruk diperkaya vitamin C yang dapat membantu meningkatkan zat antibodi tubuh. Hal ini pada akhirnya akan mempercepat proses pemulihan. Selain itu, buah jeruk juga bisa membantu kesehatan pencernaan penderita demam tinggi karena virus ebola.

Daun pepaya

Menurut para dokter, daun pepaya adalah makanan yang baik bagi pasien DBD karena dinilai efektif dalam melawan virus demam berdarah juga dalam melawan virus ebola. Mengonsumsi daun pepaya merupakan salah satu cara alami dalam mengobati penyakit karena virus.

Teh herbal

Para penderita demam berdarah juga disarankan untuk mengonsumsi teh herbal. Teh herbal merupakan salah satu minuman terbaik untuk meredakan demam tinggi. Hal ini karena teh herbal umumnya diperkaya jahe dan kapulaga.

Air kelapa

Pasien demam tinggi karena virus biasanya rentan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, minum air kelapa merupakan cara yang baik untuk mengisi ulang mineral dan elektrolit yang hilang ketika tubuh mengalami dehidrasi.

Jus Sayuran

Jus sayuran juga termasuk salah satu minuman yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita demam tinggi karena virus. Jus sayuran yang dimaksud adalah campuran antara mentimun, wortel, dan sayuran hijau lainnya. Para ahli mengatakan bahwa jus yang berbahan dasar sayuran organik mengandung segudang nutrisi yang bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan pasien demam tinggi karena virus.

Jus buah

Selain jus sayuran, jus buah yang kaya akan vitamin C juga memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Meningkatnya sistem kekebalan tubuh akan memberikan dampak positif terhadap proses pemulihan. Anda bisa membuat jus buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, pepaya, stroberi, kiwi, jambu biji, atau blewah. Anda juga bisa mengonsumsi jus lemon yang dinilai efektif dalam mengusir racun dari dalam tubuh akibat virus.

Susu

Susu mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin, protein, dan mineral kompleks. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat berguna dalam melawan virus penyebab demam tinggi.

Bubur

Ketika anda ingin melawan virus penyebab demam tinggi, salah satu makanan terbaik adalah bubur. Bubur menyediakan sumber energi bagi tubuh penderita. Selain itu, bubur termasuk makanan yang paling mudah dicerna dan mengandung sejumlah manfaat kesehatan.

Jus Lemon

Lemon merupakan sumber yang sangat kaya vitamin c. vitamin c sangat penting untuk membuat tubuh kebal dari virus penyebab batuk dan pilek . Selain itu juga mengandung flavonoid, dimana yang juga berguna untuk melawan virus dan membuat tubuh tetap fit . Lemon membantu membuat alkali dalam tubuh, dengan mengembalikan keseimbangan pH tubuh . Minum jus lemon dengan air hangat di pagi hari akan membantu pergerakan usus, sehingga menjadi teratur dan mudah. Ini adalah salah satu manfaat tertentu jus lemon, dan pasti bisa berguna saat Anda merasa sulit BAB. 

Atau bagi yang bermasalah dengan gerak usus, maka akan sangat terbantu dengan minum jus ini. Jus lemon dapat membantu untuk melarutkan asam urat dan racun lainnya, serta membantu untuk mencairkan empedu, sehingga membantu untuk merangsang hati dan mendetoksifikasinya. Dalam pengobatan tradisional, lemon sangat diakui karena bisa membantu masalah lambung, membantu untuk menjaga penglihatan agar tajam. Vitamin C yang ditemukan dalam lemon membantu untuk menetralkan radikal bebas, yaitu penyebab utama penuaan dini dan berbagai penyakit . 

Lemon telah ditemukan sebagai makanan satu-satunya di dunia yang anionik (ion dengan muatan negatif), jadi sangat penting bagi tubuh. Gangguan mata telah mengalami pemulihan setelah mengkonsumsi lemon secara rutin . Salah satu kegunaan jeruk lemon yang telah ditemukan adalah mengandung 22 senyawa anti kanker, yang meliputi limonene yang berfungsi memperlambat pertumbuhan tumor kanker, dan glikosida flavonol yang dapat menghentikan pembelahan sel pada sel kanker. 

Angkak

Angkak adalah hasil fermentasi dari butiran beras dengan menggunakan mikro organisma tertentu. Warnanya merah pekat dan bila diseduh akan menjadi air berwarna merah.Angkak telah dikenal penduduk Cina sejak ratusan tahun silam, dan umum digunakan bangsa Cina sebagai bagian dari campuran rempah masakan dan herbal kesehatan mereka. Di Amerika, angkak yang dikenal dengan nama Red Yeast Rice kini mulai popular dan dijual dalam bentuk kapsul sebagai penurun kolesterol alamiah yang ampuh.pigmen angkak yang berwarna merah sebagai pemicu meningkatnya trombosit. Khasiat angkak mirip jus jambu biji merah.

Inilah 10 Jenis Makanan yang bisa membuat anda terhindar dari bahaya penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti juga virus ebola. Jangan menunggu sakit dulu baru mencari 10 makanan penting ini, justru alangkah lebih baiknya jika, kita tetap mencoba untuk mencari dan menkonsumi beberapa makanan diatas untuk memberikan efek kekebalan bagi tubuh, agar tidak mudah terserang dan tertular oleh virus virus yang mematikan.

Semoga artikel ini memberikan manfaat dan ilmu baru bagi anda, untuk bisa menambah wawasan anda dalam menjaga kesehatan. motivatorindonesia.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Makan Ini Menghindarkan Anda Dari Bahaya Penyakit Virus Ebola

0 komentar:

Posting Komentar