Azza Aprisaufa Motivator Muda Indonesia - Trainer Nasional Termuda - Undang Pembicara Seminar Motivasi

Jumat, 12 Desember 2014

10 Tips Aman Belanja Di Toko Online

Dunia online diprediksi kedepan akan merajai pasar jual beli didunia. Kini dunia online telah menjadi alternatif kreatif dan cukup cerdas untuk meminimalisir biaya karena terkendala jarak. Banyak sekali keuntungan dan kemudahan jika kita berbelanja secara online yang terbukti lebih praktis, hanya saja jika kita mengerti cara dan keuntungan berbelanja dengan sistem online tersebut.

Informasi ini menjadi alarm kepada kita sebagai generasi bahwa, generasi muda dilarang gaptek alias gagap teknologi. Jangan mau menjadi generasi yang tertinggal, maka dari itu haruslah belajar dan mencari tahu mengenai tata cara dan konsep kerja secara online. Karena banyak sekali keuntungan jika kita paham dan mengerti mengenai ilmu online, ini penting untuk meningkatkan daya saing, karir, usaha dan bisnis yang menjanjikan didunia online.

Namun demikian, dunia online tidak lepas dari banyaknya penipuan yang terjadi. Sebenarnya penipuan ini tidak akan pernah bisa terjadi, jika kita sebagai user atau konsumen pengguna online mengerti mengenai ciri ciri toko online dan proses jual belinya secara online dengan benar. Untuk itu, guna menghindari penipuan yang kerugian yang terjadi saat berbelanja online, maka kita harus mengilmui diri dengan bekal ilmu internet dan online. Disamping itu kita harus pula mengerti tentang hal hal yang harus diperhatikan untuk bisa terhindar dari penipuan saat berbelanja online.

Mari simak 10 Tips Aman Belanja Di Toko Online :

Harga Yang Ditawarkan di Toko Online Masuk Akal

Hal pertama yang penting anda pahami untuk membedakan toko online terpercaya atau penipu adalah dengan menganalisa harga yang tertera pada websites tersebut, jangan terjebak dengan harga yang sangat murah. Cepatlah curigai dahulu sebelum membeli dan melihat faktor mengidentifikasi toko online lainya.

Domain Toko Online

Domain sangat penting sebagai salah satu indikasi mengukur toko online terpercaya atau penipu. Toko Online terpercaya cenderung memakai domain sendiri, misal tripepa.com bukan tripepa.blogspot.com atau tripepa.wordpress.com. Untuk toko online yang berada di Indonesia, sangat aman jika anda berbelanja disitus dengan domain .co.id seperti lazada.co.id. 

Usia Websites

Usia bisa menjadi salah satu faktor kredibelitas sebuah toko online, semakin tua dan dewasa usia toko online tersebut tentunya semakin meyakinkan untuk belanja. Sebab toko online penipu cenderung tidak bertahan lama, namun tetap waspada dan perhatikan ciri-ciri lainya.

Alamat dan Kontak Jelas

Toko Online terpercaya memiliki sebuah alamat yang jelas, selain itu juga memiliki kontak person yang terhubung. Untuk mengujinya coba saja pura-pura bertanya, biasanya toko online terpercaya cenderung lebih merespon pertanyaan konsumen dengan masuk akal. Tetap waspada sobat, perhatikan ciri lainya.

Testimoni dan Bukti Pengiriman

Jika anda masih ragu silahkan perhatikan kolom terstimoni pada halaman toko online tersebut, apakah tampak natural atau dibuat-buat, lewat bukti pengiriman anda dapat mengecek no resi untuk memastikan bahwa toko online tersebut memang aman untuk belanja.

Cari di Google

Ketikan saja di Google misal Toko Online ZZZZZ Penipu, biasanya kalau ada salah seorang saja yang tertipu akan memberikan review tentang toko online yang tidak aman untuk belanja. Meski demikian pastikan bahwa anda mendapatkan informasi dengan cara yang benar.

Kebijakan Situs

Toko online harusnya memiliki kebijakan situs tersendiri, karena Kebijakan situs ini adalah hal penting yang memuat tentang hak hak konsumen, pertanggung jawaban jual beli produk, seperti garansi, pengiriman dan lain lain.

Sebaiknya Toko Online Telah Memiliki NPWP

Hal ini penting, mengapa ? karena ini sebagai bukti keseriusan dari pengelola toko online tersebut untuk menjalankan usahanya. Disamping itu juga, NPWP membuktikan bahwa toko online tersebut telah mendapatkan izin secara operasional dari pemerintah.

Bertanya Kepada Sahabat

Bertanya adalah pekerjaan mudah paling manjur sebelum anda berbelanja secara Online. Lebih-lebih sahabat andau adalah orang yang mengerti betul karakteristik toko onlne terpercaya dan ciri toko online tidak dapat dipercaya.

Lakukan uji coba belanja dengan produk termurah untuk pertama kalinya

Uji coba ini penting, mengapa ? karena dengan membeli produk termurah pada awalnya, kita bisa menilai kinerja toko online tersebut dalam melayani pelanggannya. Dan jikalau ternyata terjadi penipuan, ini berguna menghindarkan anda dari kerugian yang besar.

Jika point ditas sudah diterapkan, anda hanya tinggal memutuskan untuk belanja online atau tetap dengan rasa penasaran pahahal anda menginginkan barang - barang bagus yang pastinya bisa lebih terjangkau daripada barang yang ada di kota anda. Dari beberapa ciri diatas apakah dapat dipastikan toko online tersebut aman untuk belanja? Anda sendirilah yang bisa memutuskan dan menentukannya.

Yang pasti banyak yang telah mendapatkan manfaat dari belanja secara online, itu karena mereka mengilmui pekerjaan mereka dan tidak sembarangan. Sekali lagi bahwa, dapatkan kepercayaan itu dengan pengalaman anda berbelanja online. motivatorindonesia.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Tips Aman Belanja Di Toko Online

0 komentar:

Posting Komentar