Azza Aprisaufa Motivator Muda Indonesia - Trainer Nasional Termuda - Undang Pembicara Seminar Motivasi

Selasa, 02 Desember 2014

5.073 Penari Saman Gayo Pecahkan Rekor Penari Terbesar Didunia

5.073 Penari Saman Gayo Pecahkan Rekor Penari Terbesar Didunia

Tarian saman adalah salah satu tarian tradisional asli dari dataran tinggi tanoh gayo. Tarian ini adalah tarian mistis asli dari dataran tinggi seribu bukit, Gayo Lues. Tarian ini umumny ditarikan pada pagelaran dan acara acara kedaerahan serta menyambut tamu tamu kehormatan. Biasanya ditarikan oleh 20 han personel penari dengan gaya seribu tangan dan gerakan kepala yang super lincah.

Kali ini, tarian sakral ini ditarikan dalam porsi dan skala yang mendunia. Tepat pada bulan november yang lalu, Tari Saman yang dilaksanakan di Stadiun Seribu Bukit, Gayo Lues, Aceh, Senin (24/11) masuk Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Tarian yang juga dikenal sebagai Tari Tangan Seribu tersebut diakui sebagai tari dengan personel terbanyak di dunia yang mencapai lebih dari lima ribu penari.

Tari Saman kemarin tercatat dalam buku Muri di urutan 6.752 dengan jumlah 5.073 penari. Awan Raharjo, perwakilan Muri, yang hadir di tengah-tengah pertunjukan langsung mengumumkan hasil penilainnya setelah naik panggung. Tari Saman yang dilaksanakan 5.073 penari tidak masuk dalam rekor Indonesia, tetapi dunia.

Langsung saja, masyarakat yang memadati Stadiun Seribu Bukit menyambutnya dengan teriakan histeris dan tepuk tangan panjang. Begitu juga ribuan penari yang rela berpanas-panasan hingga ada yang pingsan.

Sebelumnya, dijelaskan, empat tahun lalu Muri sudah pernah mencatat rekor penari Saman terbanyak dengan jumlah 3.000 orang di Banda Aceh. Tetapi, kali ini kegiatan di Gayo Lues mencatat untuk rekor dunia. Besar harapan tradisi ini menjadi milik dunia yang wajib dilestarikan.

Bupati Gayo Lues Ibnu Hasim dalam sambutannya menuturkan, pergelaran lebih dari 5 ribu penari tersebut merupakan salah satu upaya pelestarian Tari Saman. Selain itu, pihaknya ingin menunjukkan kepada dunia serta Unesco bahwa kegiatan itu merupakan komitmen masyarakat Gayo Lues untuk menjaga mengembangkan serta melestarikan Tari Saman. Ibnu menyebutkan, pihaknya berencana membangun gedung Saman Center.

Inilah bukti perwujudan bahwa budaya adalah warisan tak benda yang bernilai sejarah amat sangat mahal. Budaya adalah pembeda satu karakter suku dan daerah dengan lainnya. Ini adalah ide kreatif yang sangat berani dari semua pihak untuk tetap bisa mengenalkan tarian khas ini dari suku gayo di provinsi aceh. Kepada Indonesia dan Dunia, Inilah contoh nyata didepan mata, betapa semangat harus tetap terjaga sebagai putra bangsa yang siap menyelamatkan serta melestarikan budaya warisan bangsa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5.073 Penari Saman Gayo Pecahkan Rekor Penari Terbesar Didunia

0 komentar:

Posting Komentar