Azza Aprisaufa Motivator Muda Indonesia - Trainer Nasional Termuda - Undang Pembicara Seminar Motivasi

Sabtu, 13 Desember 2014

7 Makan Yang Paling Baik Mencegah Penyakit

7 Makan Yang Paling Baik Mencegah Penyakit

Sehat adalah anugrah yang harus selalu kita syukuri, banyak yang mengatakan sehat itu mahal ? Itu benar ! mengapa demikian ? karena jika sudah sakit mahal biaya yang dibutuhkan untuk berobat. Mari kita menjaga makanan yang dikonsumsi agar baik pula untuk kesehatan kita. Tidak hanya kita pribadi yang harus senantiasa menjaga kesehatan dan memilah makanan untuk dikonsumsi. Namun kita juga memilki kewajiban untuk saling mengingatkan kepada saudara, teman dan kerabat akan pentingnya mengenal dan mengetahui jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit.

Berikut ini anda akan dijelaskan beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi dan terbukti mampu mencegah datangnya penyakit. Diantara beberapa makanan sehat tersebut, berikut akan dijelaskan mengenai review singkatnnya. Semoga memberikan manfaat yang baik untuk mengubah kebiasaan baik dalam menjaga makanan dan mengubah pola hidup dengan mengubah pola makan yang sehat.

7 Makan Yang Paling Baik Mencegah Penyakit


Buah Delima

Manfaat Buah Delima
Daging buah delima digunakan untuk menurunkan berat badan, mengobati cacingan, sariawan, tenggorokan sakit, suara parau, tekanan darah tinggi (hipertensi), sering kencing dan perut kembung.

Sering kencing
Ambil isi buah delima (yang segar dan masak, satu buah) dan segenggam kucai, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa separuhnya, angkat dan dinginkan. Minum air rebusan dua kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.

Sariawan
Ambil dua buah delima segar yang sudah masak. Ambil isi berikut bijinya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan satu gelas air sambil diaduk merata, lalu saring. Gunakan airnya untuk berkumur, lalu telan. Lakukan 2--3 kali sehari, sampai sembuh.

Batuk sudah berlangsung lama
Ambil sebuah delima yang belum terlalu masak. Setiap malam sebelum tidur, kunyah biji delima tersebut. Buang bijinya.

Suara serak, tenggorokan kering
Ambil sebuah delima segar, belah, dan ambil isinya. Kunyah, lalu buang bijinya. Lakukan 2--3 kali sehari. 

Cacingan
Campur jus buah delima dengan jus wortel, masing-masing setengah gelas. Aduk sampai merata, lalu minum sekaligus.

Jus buah delima
Gunakan jus buah delima untuk berkumur pada sariawan, radang gusi, gigi berlubang, atau sebagai obat kompres pada wasir yang sedang meradang.

Manfaat Kulit Buah DelimaKulit buah (shi flu pi) digunakan untuk mengobati sakit perut karena cacing, buang air besar mengandung darah dan lendir (disentri amuba), diare kronis, perdarahan seperti wasir berdarah, muntah darah, batuk darah, perdarahan rahim, perdarahan rektum, prolaps rektum, radang tenggorokan, radang telinga, keputihan (leukorea) dan nyeri lambung.

Cacingan
Rebus kulit delima kering dan serbuk biji pinang (masing-masing 15 g) dengan tiga gelas air bersih. Didihkan perlahan-lahan selama satu jam. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus sebelum makan pagi.

Yogurt

Khasiat Yoghurt untuk kesehatan dan kecantikan

1. Masker Yoghurt Mencerahkan kulit

Yogurt merupakan salah satu bahan alami di dalam kulkas yang bisa kita pakai untuk merawat wajah. “Yogurt mengandung asam laktat, komponen yang juga sering dipakai dalam produk peeling kimia,” kata ahli dermatologi Hema Sundaram.

Masker yogurt bisa dipakai untuk mengelupas lapisan atas epidermis secara lembut. Bila dilakukan secara teratur kulit akan terhindar dari jerawat, vlek hitam, bahkan mencegah jerawat. Untuk hasil terbaik, campurkan 1 cangkir yogurt dengan 2-3 tetes minyak zaitun lalu usapkan di wajah. Biarkan 20 menit lalu bilas.

2. Menurunkan Berat Badan
Agar tidak sia-sia usaha Anda dalam menurunkan berat badan, tambahkan yogurt dalam menu harian. Bukan hanya bagus untuk pencernaan tapi minuman ini juga memiliki efek melangsingkan.

Yogurt, meski tidak mengandung serat namun memiliki efek penurunan berat badan dibandingkan dengan produk susu lainnya. Para ahli mengatakan keistimewaan yogurt disebabkan karena kandungan bakteri baiknya sehingga menjaga kesehatan tubuh.

3. Menyehatkan pencernaan

Probiotik (bakteri baik) di dalam yogurt telah terbukti akan menyehatkan mikroflora di dalam usus. Untuk mendapatkan manfaat sehat probiotik, pastikan produk yogurt favorit Anda mengandung sedikitnya satu juta koloni forming units (CFUs) bakteri hidup.

4. Mencegah hipertensi

Alasan sehat lainnya untuk rutin mengonsumsi yogurt adalah mencegah penyakit jantung. Protein spesial di dalam yogurt serta kandungan kalsium, magnesium, dan potasium-nya bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi.

5. Menghilangkan Depresi

Minuman susu fermentasi atau biasa dikenal dengan yoghurt ternyata mempunyai kemampuan dalam mengobati depresi. Pernyataan tersebut didasarkan pada laporan ilmiah yang diterbitkan dalam Proceeding of the National Academy of Sciences.

Menurut peneliti asal Irlandia, probiotik, atau bakteri baik, memiliki potensi untuk mengubah kimia otak dan mengurangi kecemasan dan gangguan terkait depresi.

6. Melancarkan Pencernaan

Sebaiknya konsumsi yogurt teratur dua kali sehari selama dua minggu, sebagai pengobatan sembelit. Lebih baik lagi sebagai pencegahan, dengan rutin mengonsumsinya setiap hari. Yogurt dengan bakteri hidup aman dikonsumsi setiap hari.

7. Mengobati Diare Anak

Menurut penelitian yang dimuat dalam laporan American Academy of Pediatrics, anak yang diberi probiotik sejak awal menderita diare akibat infeksi virus memang sembuh lebih cepat. Probiotik juga bisa mencegah diare pada anak-anak yang minum antibiotik.

Akan tetapi anak-anak yang menderita penyakit gangguan kekebalan tubuh atau memakai kateter tidak disarankan mengonsumsi probiotik karena bisa menimbulkan infeksi serius.

Bawang Putih

Menurunkan Kolesterol

Berbagai penelitian menunjukkan mengonsumsi 600 mg bawang putih setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol.

Mengobati Penyakit Kulit

Bawang putih juga mampu melawan infeksi dan bakteri sehingga membuatnya menjadi obat yang efektif untuk kutil dan masalah kulit lainnya.

Melancrkan Sirkulsi Darah

Bawang putih merupakan afrodisiak yang besar. Karena itu bawang putih bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan juga membantu memperpanjang ereksi. Jadi sangat baik untuk masalah seksual, pasokan energi dan juga menaikkan energi seksual.

Mengatur Gula Darah

Mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan pelepasan insulin pada penderita diabetes. Bawang putih bisa menjadi salah satu makanan yang diprioritaskan untuk penderita diabetes. 

Antibakteri

Louis Paster menjadikan bawang putih sebagai antibakteri dan antijamur, sedangkan Albert Schweitzer dari Afrika memanfaatkannya sebagai obat disentri. Sifat antibakteri dan anestesi pada bawang putih dapat membantu menyembuhkan sakit gigi.

Menurunkan Tekanan Darah

Selain itu, bawang putih juga sangat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan mengendalikan gerakan aliran darah pada organ tubuh. Bawang putih dapat menghentikan pembekuan darah di pembuluh darah tubuh.

Menurunkan Risiko Kanker Paru

Penelitian terbaru di China menunjukkan bahwa bawang putih mentah punya efek menangkal berbagai gangguan kesehatan, termasuk penyakit-penyakit kronis dan kanker paru. Para peneliti meyakini bahwa manfaat itu berhubungan dengan kandungan allicin.

Kesehatan Jantung

Serangan jantung dipicu karena rendahnya suplai oksigen ke tubuh. Bawang putih yang masih segar ternyata lebih baik dalam mengurangi kerusakan akibat rendahnya suplai oksigen tersebut ketimbang bawang yang sudah dikeringkan.

Agar kandungan senyawa yang terdapat pada bawang putih tidak hilang, sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah. Jika tidak suka dengan rasa dann aromanya, bisa ditambahkan sedikitmadu. Baca juga mengenai manfaat bawng merah untuk kesehatan. 

Teh Hijau

Teh hijau telah lama dikenal sebagai pengganti minuman seperti kopi dll, yang lebih sehat karena rendah kandungan kafein dan mengandung antioksidan alami yang sangat kuat yang disebut dengan polifenol. Antioksidan jenis ini tidak hanya membantu menyehatkan tubuh, kulit, dan rambut, tetapi juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Teh hijau juga merupakan pilihan yang sehat karena cara itu diproses . Teh hijau berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang hanya dikukus, sehingga mencegah hilangnya kandungan katekin. Sedangkan teh hitam atau teh oolong dibuat dari daun yang difermentasi, sehingga menyebabkan hilangnya senyawa anti oksidan.

Teh hijau kini telah sangat populer di seluruh dunia, berbagai makanan, minuman, suplemen makanan kesehatan serta kosmetik sekarang banyak dibuat dari ekstrak teh hijau. Beberapa penelitian ilmiah di seluruh dunia menemukan bahwa yang minum teh hijau secara teratur lebih rendah memiliki resiko menderita sakit jantung dan bahkan kanker. Dibandingkan dengan teh biasa, teh hijau memiliki lebih sedikit kafein.Selain itu teh hijau lebih tinggi mengandung flavonoid (fitokimia yang ditemukan dalam produk tanaman) yang memiliki sifat antioksidatif dan anti karsinogenik.

Gandum

Orang India menjadikan gandum utuh yang sudah menjadi tepung (atau yang dikenal dengan sebutan atta) sebagai makanan pokok mereka. Namun di Indonesia, masyarakat hanya menjadikan gandum sebagai bahan roti dan mie. Padahal gandum juga mempunyai kandungan karbohidrat cukup tinggi, sama seperti dengan nasi.

Gandum memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi diantaranya karbohidrat 60% – 80%, protein 6% – 17%, lemak 1.5% – 2.0%, mineral 1.5% – 2.0% dan sejumlah vitamin.

Selain kaya akan kandungan karbohidrat, gadum juga bisa menjadi salah satu yang bisa dijadikan referensi makanan sehat. Pasalnya, kandungan gandum yang sangat baik bisa menjaga kesehatan tubuh dari penyebab penyakit kronis (jantung, jantung koroner, hipertensi, dan diabetes)

Labu

Manfaat labu untuk kesehatan yaitu untuk menstabilkan gula darah dengan menjaga pola makan karena kandungan labu merupakan jenis kalori yang rendah gula, meskipun demikian tetap memberikan manfaat untuk tubuh anda dengan memberikan sumber energi. Kandungan magnesium yang terdapat pada labu membuat anda lebih tenang karena mampu membuat rileks saraf, selain itu biji labu mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan terutama anemia yang sering terjadi pada wanita. Bagi anda yang ingin melancarkan pencernaan konsumsi labu untuk menjaga pencernaan terutama usus manusia. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan sediakan labu dalam menu makanan anda sehari-hari. Anda dapat membuatnya secara bervariasi dari mulai sayur labu atau cemilan yang berbahan dasar labu.

Brokoli

7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

1. Mencegah kanker

Brokoli mengandung glucoraphanin, yang akan di proses tubuh menjadi senyawa anti-kanker, sulforaphane. Senyawa ini berfungsi mengusir bakteri yang ada dalam tubuh, Helicobacter pylori. Sebuah bakteri yang diketahui dapat meningkatkan risiko kanker lambung. Selain itu, brokoli juga mengandung indole-3-carbinol, yaitu senyawa antioksidan dan anti-karsinogen yang dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat, kanker payudara, kanker leher rahim (kanker serviks), dan dapat meningkatkan fungsi hati.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat brokoli untuk menjaga kesehatan jantung. Karotenoid lutein yang terdapat dalam brokoli bermanfaat untuk memperlambat atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh, sehingga dapat memerangi penyakit jantung dan juga stroke. Vitamin B6 dan asam folat dalam brokoli dapat mengurangi aterosklerosis, radang pada pembuluh darah manusia.

3. Menjaga kesehatan mata

Brokoli juga dapat menjaga kesehatan mata. Brokoli merupakan sumber utama vitamin A yang diperlukan untuk membentuk retina. Selain itu, Karotenoid lutein (pigmen organik) yang terdapat pada brokoli bisa mencegah degenerasi makular terkait usia dan katarak, serta memiliki efek anti kanker.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Dalam secangkir brokoli mengandung beta-karoten yang tinggi, yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan mineral-mineral seperti seng dan juga selenium merupakan aktor utama yang menjaga pertahanan kekebalan tubuh.

5. Menjaga sistem saraf

Kandungan kalium yang tinggidalam brokoli membantu menjaga sistem saraf yang sehat serta fungsi otak yang optimal, dan mendorong perkembangan otot.

6. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat brokoli lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K yang tinggi. Keduanya sangat penting bagi kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis.

7. Melawan radikal bebas

Brokoli mengandung vitamin C yang tinggi, antioksidan diperlukan untuk melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin C merupakan antihistamin yang efektif untuk meringankan flu yang menyerang.

Itulah 7 manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Inilah artikel berbagi mengenai tips memilih makanan sehat dan sangat baik untuk mencegah datangnya penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan ilmu baru bagi anda dan kita semuanya. motivatorindonesia.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Makan Yang Paling Baik Mencegah Penyakit

0 komentar:

Posting Komentar