Azza Aprisaufa Motivator Muda Indonesia - Trainer Nasional Termuda - Undang Pembicara Seminar Motivasi

Jumat, 05 Desember 2014

Alasan Anies Hentikan Kurikulum 2013 dan Beralih Ke Kurikulum 2006

Alasan Anies Hentikan Kurikulum 2013 dan Beralih Ke Kurikulum 2006

Konsep pendidikan dan sistem pengajaran yang berlaku pada kurikulum 2013 sebenarnya sudah terseleksi dan mengadopsi konsep konsep dari kurikulum sebelumya. Namun demikian sistem kurikulum 2013 yang memerioritaskan mengenai pemahaman siswa didik akan pentingnya Logika, Etika, dan Estetika. Telah sepenuhnya dimuat dan terdapat pada kurikulum sebelumnya yakni kurikulum 2006.

Menurut Mendikbud Anies Baswedan, Konsep kurikulum yang pernah diterapkan  sebelumnya pada tahun 2006 masih terbukti lebih efektif dan efesien untuk pengaplikasian sistem pengajaran dan mengenai 3 pilar tentang etika, logika dan estetika masih lebih efektif jika menerapkan konsep yang lebih sempurna di tahun 2006. Inilah paparan Mendikbud anies tersebut : 

"Menurut Anies, masalah di Kurikulum 2013 masih banyak dan harus segera diperbaiki secara bertahap. Dia mengatakan, masalah Kurikulum 2013 bersifat konseptual. Misalnya, seperti ketidakselarasan ide dengan desain kurikulum, hingga ketidakselarasan antara gagasan dengan isi buku teks."

Dengan demikian menurut penilaian anies, jika kurikulum 2006 kembali diaktifkan, maka akan menjadikan para pengajar atau guru jauh lebih kreatif dan berani untuk mengeluarkan ide idenya dalam mengajar. Serta tidak ragu untuk bereksperimen dan melakukan terobosan terobosan baru dalam mengajar. Keberanian dalam berinovasi dalam mengajar, itulah hal yang saat ini tengah dibutuhkan oleh pendidikan nasional indonesia. Tutur Mendikbud Anies Baswedan yang juga adalah mantan rektor universitas paramadina itu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Alasan Anies Hentikan Kurikulum 2013 dan Beralih Ke Kurikulum 2006

0 komentar:

Posting Komentar