Azza Aprisaufa Motivator Muda Indonesia - Trainer Nasional Termuda - Undang Pembicara Seminar Motivasi

Minggu, 14 Desember 2014

Cara Mengenalkan dan Mengajarkan Teknologi Yang Baik Untuk Anak

Cara Mengenalkan dan Mengajarkan Teknologi Yang Baik Untuk Anak

Teknologi kini telah menjadi hak yang harus dirasakan dan dipelajari oleh setiap orang didunia ini, tak terkecuali anak. Dewasa ini dengan maraknya teknologi dan pesatnya campur tangan teknologi telah memaksa kita sebagai orang yang lebih dewasa harus mengenalkan dan mengajarkan cara menggunakan teknologi yang baik untuk anak, adik dan saudara yang lebih kecil dari pada kita. Kenapa ? ini penting agar generasi kita tidak terjebak dalam penggunakan teknologi yang salah dan tidak bermanfaat.

Kita harus memberitahu kepada mereka bahwa banyak sekali kegunaan dan manfaat serta kemudahan dari menggunakan teknologi seperti internet, android, office dan segela jenis teknologi yang lainnya. Bahkan jika mereka mengenal serta mulai mempelajari teknologi sejak dini, sebenarnya ini akan memberikan dampak yang baik bagi perkembangan kreatifitasnya kedepan. Namun demikian, banyak orang tua yang terjebak mengenalkan anaknya pada game. Dan yang menjadi masalah adanya pembiaran yang berkelanjutan terhadap anak yang bermain game.

Niat yang baik jangan sampai dicapai dengan cara yang salah. Inilah kalimat bijak yang bisa menjadi arahan kita dalam mengenalkan dan mengajarkan teknologi yang baik untuk anak. Game bukanlah satu satunya teknologi yang harus pertama sekali kita kenalkan untuk menumbuhkan kreatifitas anak. Masih banyak teknologi yang lainnya, yang mengandung pesan moral dan sangat edukatif. Bukan hanya kesenagan fana dan belaka yang tidak memberikan pesan moral seperti kebanyakan game game yang ada pada hp, pc, laptop, android dan lainnya.

Beriktut adalah Cara Mengenalkan dan Mengajarkan Teknologi Yang Baik Untuk Anak, Semoga bermanfaat.


  • Bekali anak dengan pemahaman dan konsep ilmu dasar agama yang baik, agar ia mengenal ajaran agamanya, dan mengenal orang tuanya serta mengenal Tuhannya. Ini penting agar ia paham batasan batasan, dan tahu bahwa adanya manajemen waktu dalam menggunakan teknologi, seperti adanya waktu waktu tertentu yang diwajibkan untuk beribadah.
  • Berilah bekal pendidikan anak secara informal, atau diluar sekolah. Untuk memeroleh pendidikan lebih dari sekolah, hingga ia sibuk dengan urusan urusan ilmu pengetahuan dan belajar. Ini penting agar saat kita mengenalkan teknologi, maka teknologi itu digunakan untuk pendukung pembelajarannya.
  • Mulailah mengenalkan teknologi seperti HP, PC, Laptop dan lainnya, yang didalamnya terdapat aplikasi aplikasi pendukung pendidikan.
  • Ajari anak dan berikan mereka kepercayaan untuk bisa memegang dan mengoperasikan teknologi seperti HP, Laptop dan PC. Dengan catatan, semua teknologi yang tidak terlalu mahal dan tinggi. 
  • Kenalkanlah software dan game yang mengandung edukasi untuk yang pertama kalinya. Karena sifat anak anak pada umumnya cepat merasa ketagihan, jadi jangan sampai salah untuk mengenalkan teknologi.
  • Pantaulah setiap harinya, proses penggunaan teknologi tersebut oleh anak atau adik. Dengan cara, meminjam alat teknologi tersebut dan memeriksanya.
  • Bertanyalah kepada anak, tentang teknologi yang digunakannya, apakah ia merasa nyaman. Dan sejauh apa teknologi yang telah diajarkan tersebut membantunya dalam memeroleh ilmu pengetahuan.
  • Jangan lupa untuk terus mengawasi dan mengajari anak bagaimana cara merawat dan memelihara alat teknologi yang baik. Agar mereka terbiasa menjaga dan bertanggung jawab atas semua benda yang dimilikinya.
Inilah beberapa Cara Mengenalkan dan Mengajarkan Teknologi Yang Baik Untuk Anak. Semoga bisa bermanfaat dan membuat generasi kita bisa lebih cerdas dan kreatif. Bercita citalah memiliki generasi keluarga yang membanggakan dan mengerti tentang penggunaan teknologi yang baik. motivatorindonesia.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengenalkan dan Mengajarkan Teknologi Yang Baik Untuk Anak

0 komentar:

Posting Komentar