Azza Aprisaufa Motivator Muda Indonesia - Trainer Nasional Termuda - Undang Pembicara Seminar Motivasi

Sabtu, 20 Desember 2014

Kisah Inspiratif - Pengusaha Minuman Air Keringat Yang Mendunia


Kisah inspiratif ini sangatlah memotivasi, diangkat dari sebuah kisah nyata yang terjadi pada tahun 1973 tepatnya di negara sakura, Jepang. Membaca kisah ini, pastikan akan membuat anda tertantang juga untuk menciptakan sebuah karya yang mendunia dengan bidang anda sendiri. Pecayalah, dan selamat mengambil jutaan hikmah dari apa yang telah mereka buktikan.

Jepang tahun 1973 adalah sebuah perusahaan biasa yang bergerak dibidang pembuatan obat obatan dan cairan infus perusahaan ini bernama Otsuka. Dimana perusahaan ini dipimpin oleh seorang direktur yang cukup muda, berusia 50 tahun bernama Akihiko. Perusahaan yang dipimpin oleh dirut akihiko ini memiliki sekitar 10 karyawan tetap dan sekitar 50 han karyawan lepas atau tidak tetap. 

Suatu hari, akihiko selaku direktur pada perusahaan tersebut pernah memanggil seorang ahli rasa yang bekerja juga diperusahaannya, seorang ahli rasa yang khusus membuat obat. Bernama Harima ! pernah tidak sengaja akihiko memanggil harima dan berdiskusi ringan, tentang rencananya ingin membuat minuman kesehatan yang baik. Pada saat itu harima selaku ahli rasa, menyetujui dan mendukung program tersebut, tapi mereka berdua malah bingung, karena minuman jenis apa yang hendak mereka ciptakan.

Setahun setelah mereka berdiskusi, suatu hari sang ahli rasa harima, mendapat tugas dari perusahaan untuk mensosialisasikan satu jenis obat yang baik untuk mengatasi diare yang berkepanjangan di negara meksiko. Pada saat itu, negara meksiko dilanda kekeringan air bersih yang sangat masif dan berkepanjangan, hingga banyak sekali anak anak dan juga orang tua yang terkena dampak penyakit diare tersebut. Niat sang ahli rasa itu untuk memeberikan obat obatan ternyata tidak terlalu mulus. Karena malah ia sendiri yang terkena penyakit diare di meksiko tersebut, hingga harus dirawat.

Setelah mengerang kesakitan dan dirawat dirumah sakit dimeksiko selama 2 hari, kondisi harima pun semakin hari semakin memburuk. Dimana seluruh dokter pun sibuk mengobati warga warga yang sakit. Sampai satu ketika, datanglah seorang dokter menghampiri harima diruangan rawatnya dan memberikan obat. Ada yang unik disini, mengapa ? karena harima bingung, dokter itu memberikan obat dan minuman air soda. Harima pun bertanya, mengapa obat ini diminum dengan air soda ? dokter itupun menjawab, mohon maaf pak harima, karena memang air soda inilah yang tertinggal. Meksiko saat ini sangat sangat kekurangan air bersih untuk diminum. Dokter itupun menjelaskan akan bahaya diare yang dapat menyebabkan kekurangan cairan tubuh dan bisa berdampak pada dhidrasi serius kepada harima, 

Rumah sakit itu sangat kecil dengan fasilitas yang sangat tidak lengkap. Hari berpikir kalau saja dirumah sakit ini ada cairan infus maka masalahnya sudah selesai, ia pun bisa di opname dengan baik. Setelah harima berpikir demikian, ia jadi teringat satu peristiwa dimana ia tidak sengaja pernah melihat seorang dokter meminum cairan infus untuk menggantikan cairan tubuhnya yang hilang. Setelah melakukan operasi besar yang berjam jam. Akhirnya harima pun menemukan ide untuk membuat minuman kesehatan dengan menggunakan cairan infus.

Setelah sehat, ia pun kembali ke jepang dan menceritakan pengalamannya kepada dirut akihiko. Ia mengatakan, bahwa kini ia telah menemukan ide untuk membuat minuman kesehatan menggunakan cairan infus. Setelah menyampaikan ide tersebut, dirut akihiko mengatakan mungkin saat ini belum waktunya kita mengembangkan program ini.

Setelah 3 tahun lamanya, tepatnya ditahun 1976. Tiba tiba dirut akihiko pun memanggil sang ahli rasa harima untuk datang keruangannya. Pada saat yang bersamaan harima pun membawa seorang staf barunya yakni Takaichi seorang peneliti muda berusia 33 tahun. Akihiko mengatakan, pak harima ! sepertinya inilah saatnya kita mengembangkan dan menjalankan ide kita itu membuat minuman kesehatan. Mengapa ?  karena belakangan ini saya perhatikan banyak sekali orang orang jepang yang senang berjogging, itu artinya kepedulian akan kesehatan juga pasti meningkat. Konon pada saat itu, banyak orang jepang yang membeli alat alat kesehatan untuk bisa berolah raga didalam rumah tanpa harus keluar.

Tapi kali ini kita tidak perlu membuatnya dari bahan dasar cairan infus. Kalau berkeringat, banyak sekali elektrolit dan zat natrium serta kalium yang hilang dari tubuh orang yang berkeringat. Jadi saya berpikir bagaimana kita bisa membuat satu produk minuman kesehatan yang dapat menggantikan komposisi cairan tubuh yang hilang tersebut. Sebagai ahli rasa, saya berharap pak harima bisa meneliti minuman kesehatan yang rasanya tidak membosankan dan enak ditenggorokan.

Setelah pertemuan dengan dirut, maka harima pun melanjutkan perbincangan dengan takaichi peneliti muda tersebut. Ada hal yang cukup mengejutkan terjadi, dimana harima menyerahkan sepenuhnya penelitian ini kepada takaichi muda. Dengan wajah gugup dan bingung peneliti muda itupun mengatakan siap pak ! setelah itu takaichi pun langsung bergegas memulai penelitiannya. Hal yang pertama ia teliti adalah apa itu keringat ? untuk menjawab pertanyaan tersebut, ia pun pergi ke sauna, dan coba untuk berkeringat disana. Setelah itu ia pun coba untuk berjalan jalan dipasar dan coba untuk mengeluarkan keringat.

Akhirnya ia mendapatkan 2 sampel keringat yang berbeda, pertama keringat yang dihasilkan dari sauna dan yang kedua keringat dari berjalan jalan dipasar. Setelah diteliti hasilnya pun berbeda, ternyata komposisi kadar natrium (penyebab rasa asin pada keringat) pun berbeda dengan keringat yang dihasilkan dari berjalan jalan. Terbukti bahwa keringat yang dikeluarkan disauna lebih asin dari pada keringat dengan berjalan jalan.

Setelah berhasil memahami apa itu keringat, takaichi pun coba membuat satu produk minuman dengan campuran zat kimia, untuk membuat satu minuman sama persis dengan komposisi keringat. Setelah produk pertama selesai, takaichi pun langsung menemui harima sang ahli rasa, ia ingin mendapat tanggapan dan komentar dari ahli rasa tersebut. Setelah harima mencobanya, harima pun mengatakan, minuman ini terlalu pahit, jangan lupa bahwa disamping asin keringat juga memiliki kadar kalium dan magnesium yang menyebabkannya pahit. Cobalah untuk mengurangi rasa pahitnya.

Akhirnya untuk menghilangkan rasa pahitnya, takaichipun membubuhkan pemanis. Dan setelah kembali dicoba oleh harima, ternyata terlalu manis. Harima berpesan, janganlah terjebak dengan produk minuman ringan sekarang yang rata rata memiliki kadar gula diatas 12 %, ingat ! minuman yang akan kita buat ini adalah minuman kesehatan, rasanya tidak asin, tidak pahit dan tidak terlalu manis dan memiliki kandungan yang sama dengan komposisi keringat yang keluar. Akhirnya, takaichi pun berhasil membuat minuman dengan rasa seperti yang diminta oleh harima, setelah melakukan percobaan lebih dari 1.000 kali percobaan rasa.

Setelah selesai, mereka pun bergegas menemui dirut akihiko dan menyilahkan dirut untuk meminum minuman dari hasi riset mereka. Setelah dirut meminumnya, dirut sepertinya masih merasakan ada rasa yang kurang dan tidak terlalu enak ditenggorokan. Pada saat yang bersamaan, datanglah seorang pelayanan yang biasa mengantarkan minuman ke ruangan dirut. Kebetulan minuman yang itu adalah juice jeruk, tanpa sengaja dan tidak terencana, dirut pun coba mencapurkan minuman hasil riset itu tadi dengan juice jeruk tersebut. Dan ternyata setelah dicoba rasanya enak ! Ternyata rasa pahit yang ada pada jeruk bisa memberikan kombinasi yang baik terhadap minuman kesehatan tersebut.

Akhirnya, takaichipun kembali melakukan riset dengan seluruh macam jenis jeruk untuk dicampurkan dengan minuman hasil riset tersebut. Kabar baik pun datang, bahwa akhirnya mereka telah menemukan rasa yang enak dan tidak membosankan walaupun diminum berkali kali. Setelah produk jadi, dirut akihiko pun mencoba melaunchingkan produk minuman tersebut ke beberapa lapisan masyarakat dijepang. Dan faktanya, produk ini mendapatkan respon yang sangat buruk dari masyarakat, karena rasanya itu tidak terlalu enak.

Produk ini dilaunching lebih dari 150 kali dan telah merugikan perusahaan dengan jumlah yang besar. Tapi walaupun demikian, keputusan dirut itu sudahlah bulat, bahwa ia meyakinkan para pegawainya " Kita tidak akan mundur selangkah pun, minuman ini telah diriset cukup lama. Banyak masyarakat yang belum mengerti bahwa minuman ini hanya baru terasa enak kalau diminum saat berkeringat, bukan pada saat tidak berkeringat" begitulah ungkap dirut dengan yakin.

Akhirnya, Kebijakan baru pun dibuat, dimana kebijakan ini cukup mengherankan, bagaimana tidak, setelah perusahaan mengalami kerugian besar. Dirut pun memutuskan untuk tetap memporoduksi minuman ini dalam jumlah besar dan dibagikan secara gratis kepada semua orang yang berkeringat. Para pegawai pun bertebaran diseluruh tempat dijepang untuk membagikan minuman ketempat tempat olah raga, dan kepada setiap pejalan kaki. Akhirnya semakin banyak yang menyadari akan manfaat minuman kesehatan ini, dan merasakan kasiat dari minuman kesehatan berbahan dasar kandungan sama seperti keringat ini.

Hari ini, minuman ini telah menembus pasar dunia, terlebih lagi di indonesia. Minuman ini menjadi minuman kelas dunia dan telah dijual hampir diseluruh negara dan penjuru dunia. Minuman ini sangat kita kenal, dan kita mengenalnya dengan Merk Pocari Sweat. Pocari bermakna menyegarkan dan sweat adalah keringat dalam bahasa inggris. Anda pasti pernah meminumnya, inilah kisah nyata yang inspiratif, tak mau mundur selangkahpun demi, keyakinan cita cita.

Kesimpulan dari kisah ini adalah bahwa keberhasilan itu adalah milik orang orang yang percaya dengan keindahan impian. motivatorindonesia.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kisah Inspiratif - Pengusaha Minuman Air Keringat Yang Mendunia

0 komentar:

Posting Komentar