Azza Aprisaufa Motivator Muda Indonesia - Trainer Nasional Termuda - Undang Pembicara Seminar Motivasi

Minggu, 07 Desember 2014

Kumpulan Kisah Cerita Inspiratif Nabi Muhammad SAW Lengkap

Kumpulan Kisah Cerita Inspiratif Nabi Muhammad SAW Lengkap

Siapakah Rasulullah SAW ? 

Mari sejenak kita luangkan waktu, dari sibuknya aktivitas kita untuk membaca kisah inspiratif berkitu ini. Marilah kita menjadi umat yang bersyukur dan pandai berterimakasih, Kepada ALLAH SWT dan Kepada RasulNya Muhammad SAW. Semoga kisah singkat mengenai Rasul SAW ini, bisa memberikan inspirasi baru untuk anda, hingga ALLAH SWT memberikan Anda hidayah untuk bisa mengenal Rasul lebih dekat dan lebih jauh. Satu hal yang ingin saya sampaikan melalui artikel ini, bahwa sesaat anda mengenal siapa beliau dan apa yang telah beliau lakukan untuk hidup anda, maka seketika itu pula anda akan jatuh cinta kedalam palung cinta yang sangat dalam KepadaNya. Mari kita mulai mengenalnya, Siapa Dia sebenarnya ? Disini anda akan mengenalnya.

Mengenal Sejarah Singkat Siapakah Rasulullah SAW

Muḥammad selengkapnya Muḥammad bin Abdullah bin Abdul Mutthalib bin Hasyim (lahir di Mekkah, 20 April 570 – meninggal di Madinah, 8 Juni 632 pada umur 62 tahun) adalah seorang nabi dan rasul bagi umat Muslim. Ia memulai syiar Islam untuk seluruh umat manusia dan mewariskan pemerintahan tunggal Islam. Meski non-Muslim umumnya menganggap Muhammad sebagai pendiri Islam, dalam pandangan Muslim, Muhammad sama-sama menegakkan ajaran tauhid untuk mengesakan Allah sebagaimana yang dibawa nabi dan rasul sebelumnya sejak dari Nabi Nuh. Umat Muslim menyebut Muhammad dengan salam penghormatan "Shalallaahu 'Alayhi Wasallam" dan mengiringi dengan shalawat Nabi setiap nama Muhammad diperdengarkan.

Lahir pada tahun 570 di Mekkah, Muhammad melewati masa kecil sebagai yatim piatu; ia dibesarkan di bawah asuhan pamannyaAbu Thalib. Beranjak remaja, Muhammad bekerja sebagai pedagang. Ia kadang-kadang mengasingkan diri ke gua sebuah bukithingga bermalam-malam untuk merenung dan berdoa; diriwayatkan dalam usia ke-40, Muhammad didatangi Malaikat Jibril dan menerima wahyu pertama dari Allah. Ia menyatakan dirinya sebagai utusan Allah, sebagaimana nabi-nabi yang telah Allah utus sebelumnya. Tiga tahun setelah wahyu pertama, Muhammad mulai berdakwah secara terbuka, menyatakan keesaan Allah dalam bentuk penyerahan diri melalui Islam sebagai agama yang benar. Muhammad menerima wahyu berangsur-angsur hingga kematiannya. Praktik atau amalan Muhammad diriwayatkan dalam hadits, dirujuk oleh umat Islam sebagai sumber hukum Islam bersama Al-Quran.

Muhammad bersama pengikut awal mendapati berbagai bentuk perlawanan dan penyiksaan dari beberapa suku Mekkah. Seiring penganiayaan yang terus berlanjut, Muhammad membenarkan beberapa pengikutnya hijrah ke Habsyah, sebelum Muhammad memulai misi hijrah ke Madinah pada tahun 622. Peristiwa hijrah menandai awal penanggalan Kalender Hijriah dalam Islam. Di Madinah, Muhammad menyatukan suku-suku di bawah Piagam Madinah. Setelah delapan tahun bertahan atas serangan suku-suku Mekkah, Muhammad mengumpulkan 10.000 Muslim untuk mengepung Mekkah. 

Serangan tidak mendapat perlawanan berarti dan Muhammad mengambil alih kota dengan sedikit pertumpahan darah. Ia menghancurkan berhala-hala. Pada tahun 632, beberapa bulan setelah kembali ke Madinah usai menjalani Haji Wada, Muhammad jatuh sakit dan wafat. Muhammad meninggalkanSemenanjung Arab yang telah bersatu dalam pemerintahan tunggal Islam dan sebagian besar telah menerima Islam.

Dan berikut ini akan dikisahkan 5 kisah yang sangat inspiratif dan sangat menyentuh. Anda ingin tahu apa yang dilakukan Rasul untuk hidup anda ? marilah temukan kisahnya disini.

Kisah Inspiratif Mengenal Malaikat Penjaga Arsy ALLAH SWT

Berikut ini adalah sebuah kisah yang diangkat langsung dari sabda Nabi Besar Muhammad SAW. Kisah ini sungguh menggetarkan hati setiap umat, khususnya umat islam akan kebenaran dan KeMaha Besaran ALLAH SWT. Cerita ini memang cukup singkat, tapi mengandung makna yang sangat mendalam. Suatu hari Rasulullah SAW pernah bercerita seraya bersabda : 

Aku benar-benar telah melihat Arasy diatas 360.000 sendi. Sendi ini diibaratkan seperti tingkatan tingkatan langit. Jarak antar setiap sendi sejauh 300.000 tahun perjalanan cahaya. setiap satu sendinya memiliki 12.000 padang sahara, dan disetiap padang saharanya, terdapat 80.000 malaikat disetiap 1 padang sahara, padang sahara yg luasnya dari timur-barat, atau satu padang sahara itu luasnya di ibaratkan sama seperti bumi.

1 padang sahara = 80.000 malaikat

1 sendi = 12.000 padang sahara

1 sendi = 960.000.000 malaikat

coba pikirkan, jadi kalau 360.000 sendi = 345.600.000.000.000 malaikat

Bisahkah anda menyebutkan berapa jumlah seluruh malaikat yang bertugas menjaga Arsy tersebut ? Apakah anda tahu, untuk apa seluruh malaikat ini ditugaskan ALLAH SWT ?coba anda bayangkan, sebanyak itu malaikat penjaga ditugaskan hanya untuk membaca surat AL-IKHLAS setiap waktunya, dan setiap kali mereka selesai membaca surat Al Ikhlas secara berjama'ah. 

Mereka selalu berdo'a " Ya ALLAH, Barusan saja kami membaca surat AL Ikhlas secara berjama'ah. Kami mohon Ya ALLAH berikanlah pahala bacaan kami ini, kepada setiap manusia yang membaca surat al ikhlas dibumi. Sanggupkah anda membayangkan betapa pahalanya dikirimkan kepada setiap manusia yang membaca surat AL-IKHLAS. (sabda Rasulullah SAW)

Kisah Inspiratif Surban Yang Terjatuh

Suatu hari ketika terjadi peperangan antara kaum muslimin dengan yahudi dizaman Rasul, ada salah seorang sahabat yang berperang sambil mengalungkan surban dilehernya, saat didalam perkelahian yang hebat dengan kaum kafir, surban sahabat itupun tiba-tiba terjatuh. 

Tetapi sebelum surban itu menyentuh tanah, sahabat itu pun bersegera menangkap surban itu, sehingga surban itu berada dipelukannya dan tidak sempat menyentuh tanah. Ketika sahabat itu sedang memeluk dan memegang erat surban itu, kaum kafir merasa kebingungan sekaligus penasaran apa isi didalam surban itu. 

Merekapun mengambil paksa surban itu dari pelukan sahabat. Tapi sahabat tetap mempertahankan surban itu, pada akhirnya sahabat terjatuh dan dalam kondisi yang masih terus memeluk erat surban itu, ia pun terbunuh dalam peperangan itu dalam kondisi kepalanya hancur dan tubuhnya tercincang hanya demi menyelamatkan surban itu agar tidak menyentuh tanah.

Setelah sahabat tersebut meninggal, lalu kaum kafir mengambil surban itu dari pelukan sahabat yang telah menjadi jenazah. Semakin penasaran kaum kafir ini ingin membuka isi dari surban tersebut. Dan setelah dibuka, Subahanallah…ternyata didalam surban itu tadi hanya ada sehelai rambut Nabi Besar Muhammad SAW.

Kisah Inspiratif Lantai Arsy

Tepatnya pada proses terjadinya Isra’ dan Mi’raj oleh Rasul SAW bersama Malaikat Jibril. Setelah menempuh perjalanan panjang mengintari penjuru langit, tibalah Rasul SAW bersama Malaikat Jibril di Sidratrul Muntaha Arsy.

Saat mereka sampai dengan mengendarai buroq. Disinilah tepatnya terjadi moment yang cukup sacral, yang terjadi pada jibril khususnya. Bagaimana tidak, pada saat Rasul SAW turun dari buroq dan berdiri diatas lantai Arsy. Jibril pun bergetar dan menangis haru, sontak Rasul SAW bertanya kepada Jibril.

Kenapa jibril ??? ada apa Jibril ?? apa ada yang salah ??!! Tidak Rasul, aku hanya sedang mengagumiMu. Kenapa seperti itu Jibril, Jibril yang masih duduk diatas buroq “lalu mengatakan”. Jujur selama ini aku belum menemukan sosok yang lebih suci dari diriku. Karena Aku adalah Ruhul Qudus (Ruh yang Suci).

Tapi Rasul ! hari ini aku, dengan mata kepalaku sendiri melihat bahwa ternyata Engkau adalah ciptaan yang jauh lebih suci dari pada diriku. Rasul dengan bingungnya balik bertanya ?, memangnya kenapa jibril ? Jibril menjawab ! seumur aku diciptakan Rasul, sekali belum pernah aku berani menjatuhkan kakiku di atas lantai Arsy ini. Karena sampai aku berani menginjakkan kakiku diatasnya, maka seketika itupula Ruhku akan terbakar. Karena aku Jibril AS belum terlalu suci untuk berdiri diatas lantai Arsy.

Tapi Rasul ! kini engkau sedang berdiri diatasnya. Sungguh engkau benar – benar kekasih ALLAH SWT. Mendengar ucapan Jibril, Rasul pun menangis dan terus bersujud diatas lantai Arsy. Dan Jibril pun mengatakan, Engkau bukan ciptaan biasa Rasul. Welcome Home Nabi Besar Muhammad SAW.

Kisah Inspiratif Pilihan Masuk Syurga

Suatu hari Jibril sedang berdialog bersama Rasul SAW. Beginilah gambaran dialog yang mereka bicarakan :

Jibril : Rasul, sekiranya kelak engkau akan masuk kedalam syurga ! kira – kira diantara 7 pintu syurga ini, pintu manakah yang pertama engkau pilih Rasul ?

Rasul : Sambil tersenyum J Rasul pun menjawab ! memangnya kenapa jibril ?

Jibril : ndak ada apa - apa Rasul, Rasul tau gak. Semua Syurga itu nge fans sama dirimu Rasul.

Rasul : Maksudnya ??

Jibril : Begini Rasul, jika nanti engkau memilih lebih dulu masuk di pintu 7 maka 6 pintu yang lainnya akan merasa sedih. Begitupun dengan pintu – pintu yang lainnya.

Rasul : Ketahuilah Jibril, dan catat apa yang akan saya katakan ini. Bahwa saya Rasul Muhammad SAW, saya belum akan masuk kedalam Syurga manapun. Sebelum saya memastikan kalau Umat – umat saya, sudah lebih dulu masuk kedalamnya. Saat semuanya sudah masuk, dan sudah tidak ada lagi yang tertinggal ! barulah saya akan masuk yang terakhir kedalam syurga.

Kisah Inspiratif Pulang Sholat Subuh

Suatu ketika rasul pulang setelah menunaikan ibadah sholat subuh bersama sahabatNya. Singkatnya setibanya dirumah, Rasulpun merasa lapar dan hendak sarapan pagi.

Ketika Rasul membuka tudung saji diatas meja makan, Rasul tidak menemui satu makananpun. Mungkin karena begitu laparnya, Rasulpun melihat dan mencari makanan dilemari makan. Dalam hati Rasul, mungkin kalau tidak ada makanan yang sudah masak, yang mentah pun tidak apa – apa.

Dan ternyata, yang mentah juga tidak ada. Pada saat yang bersamaan, istri Rasul merasa khawatir dan bertanya kepada Rasul. Mohon maaf Rasul saya belum masak, minta waktu sebentar biar saya kepasar untuk membeli bahan makan.

Dengan tersenyum Rasul pun mengatakan, tidak usah repot – repot istriku. Kalau memang tidak ada makanan, ya sudah ! tidak apa – apa, Saya hari ini puasa saja. J itulah pelajaran penting yang dicontohkan Rasul, bahwa jangan sampai kita memberatkan orang lain. 

Demikian artikel motivasi mengenai Kumpulan Kisah Cerita Inspiratif Nabi Muhammad SAW Lengkap. Semoga menginspirasi anda, dan membuat anda lebih mencitai Rasulullah SAW, dan sudahlah tentu kita harus bersyukur sebagai umatnNya. 

semoga kisah ini memberikan ilmu baru untuk anda bisa lebih mengenal siapakah Rasulullah SAW. Cobalah tanya kedalam diri anda, apa yang telah anda lakukan untuk membuktikan cinta anda kepadaNya ? Mari berlomba untuk mengenal dan lebih mencintaiNya, Nabi Besar Muhammad SAW. motivatorindonesia.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan Kisah Cerita Inspiratif Nabi Muhammad SAW Lengkap

2 komentar: