Azza Aprisaufa Motivator Muda Indonesia - Trainer Nasional Termuda - Undang Pembicara Seminar Motivasi

Minggu, 07 Desember 2014

Motivasi Belajar dari Kehidupan Hewan, Tumbuhan dan Benda Mati

Motivasi Belajar dari Kehidupan Hewan, Tumbuhan dan Benda Mati

ALLAH SWT Berfirman dalam Kitab Suci AL - Qur'an :

Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.
(QS: An-Nahl Ayat: 66)

kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.
(QS: An-Nahl Ayat: 69)

2 Terjemahan dari surat yang sama diatas akan memberikan kita pengertian, betapa kita bisa mengambil hikmah dan belajar banyak dari apa yang kita lihat dan dari apa yang kita miliki. Belajar kehidupan ini tidak hanya dari hubungan sesama manusia saja, namun kita bisa belajar banyak tentang motivasi kehidupan dari hewan, binatang, tumbuhan, dan benda mati.

Misalnya belajar dari hewan. Kita ketahui bersama bahwa hewan adalah satu satunya ciptaan yang tidak pernah mengharapkan pamrih. Artinya dalam moto hidup hewan adalah kalau tidak kerja maka tidak ada makan. Jarang sekali kita perhatikan hewan berdiam diri dan menunggu makanan, tapi sebaliknya mereka bisa bertarung hingga mati untuk memeroleh makanan.

Tidak akan pernah datang seekor rusa kerumah anda, lalu meminta makanan. Tidak akan pernah datang seekor gajah kerumah anda dari tengah hutan, lalu meminta minum dan belas kasihan dari anda. Karena mereka tahu dan paham, bahwa mereka akan merasa malu untuk meminta kepada anda, karena anda bukan tuannya, dan mereka tidak bekerja untuk anda. Itulah tangguh nya hewan. Yang tidak akan pernah sanggup meminta kalau tanpa usaha.

Ingat Manusia adalah satu satunya ciptaan yang sanggup meminta tanpa harus berusaha, tapi hewan tidak. Marilah sejenak kita merenung tentang kebenaran dari yang dimuat dalam artikel motivasi tentang belajar kehidupan dari hewan, tumbuhan dan benda mati ini. Begitupun motivasi yang bisa kita ambil dari tumbuhan dan benda mati.

Pada tumbuhan misalnya. Buah yang jatuh ketanah, tidak akan menjadi sampah begitu saja, tiap tiap buah, daun dan biji bijian yang jatuh ketanah. Akan kembali menjadi pupuk, bibit baru atau apapun yang bisa membuatnya tumbuh dan bermanfaat kembali. Dan juga seperti benda mati, yang tidak akan pernah bisa bergerak kalau tidak ada yang menggerakannya, itu artinya semesta ini adalah benda mati, dan pertanyaannya, kenapa semesta ini seperti matahari, bumi, bulan dan planet lainnya bisa bergerak ? Pastilah ada yang memerintahkan mereka semuanya berputar dan bergerak. 

Siapa yang menggerakannya ? Sudahlah tentu Maha KuasaNya ALLAH SWT.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Motivasi Belajar dari Kehidupan Hewan, Tumbuhan dan Benda Mati

0 komentar:

Posting Komentar