Azza Aprisaufa Motivator Muda Indonesia - Trainer Nasional Termuda - Undang Pembicara Seminar Motivasi

Jumat, 05 Desember 2014

Panduan dan Tuntunan Tata Cara, Niat, Waktu Sholat Tahajud Yang Benar

Sholat Tahajud adalah satu dari banyaknya jenis sholat yang paling strategis untuk mendekatkan diri Kepada Sang Khalik. Itulah alasannya mengapa ALLAH SWT meletakkan waktu sholat tahajud itu pada 1/3 malam atau tengah malam. Dari pemilihan waktunya saja, kita bisa memahami betapa ALLAH SWT menunggu untuk berkomunikasi langsung dengan HambaNya yang taat dan ikhlas untuk bangun pada 1/3 malam tersebut menghadapNya.

Maka merasa rugilah jika kita sebagai umat islam atau muslim, tidak mengerti Panduan dan Tuntunan Tata Cara, Niat, Waktu Sholat Tahajud Yang Benar. Kesempatan hidup dan kesempatan untuk bisa melaksanakan sholat tahajud ini janganlah dibiarkan berlalu begitu saja. Upayakanlah bisa melaksanakan sholat tahajud ini minimal seminggu sekali, agar kehidupan kita bisa lebih baik dengan melibatkan Tuhan dalam setiap urusan kita melalui doa pada malam sholat tahajud.

Berikut ini adalah Panduan dan Tuntunan Niat Sholat Tahajud

Ushollii sunatan Tahajudi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aalaa.
Artinya :
"Niat aku sholat sunah tahajud dua raka'at menghadap qiblat karena Allah".

Adapun Tuntunan mengenai Tata Cara Sholat Tahajud terangkum dalam firman ALLAH SWT dan Hadits Rasulullah SAW berikut ini : 

Anjuran mengerjakan sholat sunnah tahajud tergambar jelas pada salinan arti Firman ALLAH SWT berikut ini :

Allah SWT berfirman yang artinya:

“Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu adalah orang-orang yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik.Dan orang yang melalui malam hari dengan sujud dan berdiri untuk Tuhan mereka”

Sabda Rasulullah mengenai sholat tahajud. Rasulullah SAW bersabda :

“Kerjakanlah shalat malam, karena shalat malam itu kebiasaan orang-orang yang shaleh sebelum kamu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada TUHAN kalian, juga sebagai penebus pada segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindarkan penyakit dari badan (HR.Imam Tarmidji & Ahmad)

Sholat tahajud adalah sholat sunat yang dilakukan di sepertiga malam hari, dengan niat tersebut diatas, dan hukumnya adalah sunnah mua'kkad. Artinya adalah sholat yang sifatnya tidak wajib, namun sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Adapun mengenai raka'at dari sholat tahud adalah sekurang kurangnya 2 raka'at dan selebihnya tidak terbatas.

Kesimpulannya adalah sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan dimalam hari setelah terlebih dahulu mengerjakan sholat wajib isya. Dilakukan sekurang kurangnya 2 raka'at dan selebihnya tidak terbatas. Ini adalah sholat sunnah yang paling dianjurkan karena banyak sekali manfaatnya, seperti dihapuskannya dosa dosa, dikabulkannya do'a dan disembuhkannya penyakit. Semoga artikel motivasi islam ini memberikan banyak manfaat bagi para pembaca sekalian. Aamiin. motivatorindonesia.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Panduan dan Tuntunan Tata Cara, Niat, Waktu Sholat Tahajud Yang Benar

0 komentar:

Posting Komentar