Azza Aprisaufa Motivator Muda Indonesia - Trainer Nasional Termuda - Undang Pembicara Seminar Motivasi

Kamis, 04 Desember 2014

Tips dan Cara Panduan Menjadi Pembicara Publik dan Seminar Yang Baik

Tips dan Cara Panduan Menjadi Pembicara Publik dan Seminar Yang Baik

Menjadi orang yang bermanfaat adalah impian setiap orang baik dengan niat yang baik, untuk memberikan perubahan positif kepada semua orang sebanyak banyaknya. Ketahuilah bahwa belajar itu baik, mengajar itu jauh lebih baik. Mendengar itu baik, tapi didengar itu jauh lebih baik. Melihat itu baik, tapi dilihat itu jauh lebih baik, dan begitu seterusnya.

Intinya, semasih pilihan lebih baik itu masih ada, maka jangan terlena dengan pilihan baik. Berhentilah menjadi orang yang terus terusan belajar, pikirkanlah bagaimana cara mengajar. Karena belajar hanya memberikan manfaat untuk diri anda sendiri, namun mengajar memberikan manfaat tidak hanya untuk diri anda sendiri, tapi juga memberikan manfaat untuk orang banyak.

Tidak ada cara lain menjadi ciptaan yang paling bermanfaat, selain anda memberi dan berbagi. Ketahuilah bahwa memberi dan berbagi adalah 2 syarat yang harus anda penuhi jika anda ingin benar benar menjadi ciptaan yang bermanfaat. Bukankah sebaik baiknya manusia adalah dia yang bermanfaat bagi kehidupan orang lain ? pertanyaannya adalah, bagaimana anda bisa menjadi orang yang bermanfaat,sementara anda tidak pernah memberi dan berbagi.

Masalah selanjutnya akan timbul, yakni bahwa anda juga tidak tahu apa yang harus anda bagi, anda juga tidak tahu apa yang harus anda beri. Biasanya masalah ini akan timbul bagi orang orang yang tidak mau belajar dan merasa ilmunya cukup. Semakin banyak anda belajar tentang semua hal, maka semakin banyak pula hal hal baik yang bisa anda bagikan dan anda berikan.

Tidak ada yang harus anda tunggu, jika anda ingin menjadi seorang pembicara publik, seperti trainer, motivator pada acara seminar motivasi. Ketahuilah bahwa siapapun pembicara andalan anda, yang anda kagumi, mereka semua tidak sempat berpikir untuk menunggu menjadi paham dulu baru berbagi. Bahkan mereka berbagi dalam ketidakpahaman mereka, dan dari sanalah mereka belajar banyak hal.

Karena sebaik baiknya belajar adalah melakukan. Sebanyak apapun buku panduan dan cara menjadi motivator yang anda beli dan anda baca. Dijamin 100% tidak akan memberikan efek perubahan dan menambah keberanian anda berbicara, jika anda tidak memulainya dengan melakukan. Semoga beberapa tips dibawah ini akan menjadi semangat baru yang akan anda terapkan, untuk bisa menjadi seorang pembicara publik yang handal.


  • Miliki niat yang kuat untuk menjadi seorang pembicara dalam artian, anda tertarik dan suka menjadi seorang public speaker.
  • Ilmuilah niat anda tersebut dengan banyak membaca, banyak bertanya, berdiskusi dan mencari ilmu ilmu baru tentang dunia berbicara.
  • Mulailah mempraktekkan niat dan ilmu tersebut dari apapun yang anda bisa. Karena memulai dari yang anda bisa adalah sebaik baiknya permulaan.
  • Siapkan mental dan sikap untuk menerima semua penilaian dan kritikan. Akui bahwa diri ini butuh waktu untuk bisa benar.
  • Carilah pengalaman berbicara sebanyak banyaknya, dengan cara menawarkan diri untuk tampil disemua event atau kegiatan dalam komunitas kecil seperti organisasi, sekolah dan lembaga pendidikan.
  • Mulailah meyakini bahwa menjadi seorang pembicara adalah Hak anda juga, artinya anda juga pasti bisa. Dan bukan hal yang mustahil untuk bisa menjadi seorang pembicara.
  • Ciptakan style anda sendiri dalam berbicara, dengan cara belajar dan mengadopsi gaya dan style para pembicara dan motivator yang anda kagumi. Ingat bahwa anda harus tetap mengambil yang baik dari mereka, lalu membuang yang buruk dari mereka, dan menciptakan yang baru untuk perubahan diri anda sendiri.
  • Mulailah niat baik anda ini dengan kalimat bijak berikut ini " Tidak ada hal baik yang sia sia". Dan berhenti mengatakan apa untungnya buat saya ? karena ini bukanlah mental pembicara yang tangguh.
  • Siapkan diri dan mental anda untuk menerima setiap kritikan dan masukan yang membangun dari setiap yang telah anda buktikan. Karena tak ada satu pembicara hebatpun yang lolos dari pelemahan, tidak ada dukungan dan krisis kepercayaan hingga ia benar benar bisa membuktikannya.
  • Sadarlah bahwa anda adalah ciptaan yang tidak boleh berhenti belajar, karena memang hanya Pencipta andalah yang boleh tidak belajar.
Semoga artikel motivasi tentang Tips dan Cara Panduan Menjadi Pembicara Publik dan Seminar Yang Baik ini memberikan manfaat baik untuk membantu anda menjadi seorang trainer, motivator dan pembicara yang baik, seperti yang anda impikan. Mereka besar bukan karena warisan orang tua, tapi mereka besar karena apa yang mereka lakukan. Keep learning and walk the talk. motivatorindonesia.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips dan Cara Panduan Menjadi Pembicara Publik dan Seminar Yang Baik

0 komentar:

Posting Komentar