Azza Aprisaufa Motivator Muda Indonesia - Trainer Nasional Termuda - Undang Pembicara Seminar Motivasi

Kamis, 26 Maret 2015

Kisah Dramatis - Misteri Mahar 50 Gram Emas

Kisah Dramatis - Misteri Mahar 50 Gram Emas

Diangkat dari sebuah kisah nyata yang terjadi dipulau sumatra. Semoga dari kisah ini banyak hikmah dan pelajaran penting, khususnya perihal tentang perjodohan dan pernikahan yang bisa kita ambil. Suatu hari Hiduplah sebuah keluarga yang keadaannya lumayan berada dan tergolong keluarga yang hidupnya lebih. Dimana sang ayah bekerja sebagai pegawai negeri begitu juga dengan sang ibu. Mereka memiliki anak 5, 3 perempuan dan 2 orang laki laki. Sepintas tidak ada yang berbeda dari keluarga ini, sama halnya seperti keluarga keluarga yang lain pada umumnya.

Anak sulung mereka bernama Yati (Nama Samaran), yati telah memiliki kekasih yang ia pertahankan sejak duduk dibangku SMA hingga bangku kuliah tepatnya semester 6. Selama menjalin hubungan dengan kekasihnya, yati pun mendapat dukungan penuh dari ibu dan ayahnya. Terlebih lagi sang ibu yang mensupport penuh dan habis habisan tentang hubungan yati dan kekasihnya. Bisa dibayangkan, bukti dukungan sang ibu terlihat telah berlebihan seperti, membelikan motor untuk kekasih yati, membelikan laptop dan tak jarang mengirimi uang jajan dan biaya kuliah untuk kekasih yati tersebut.


Padahal yati dan kekasihnya berada di kota yang berbeda, dengan jarak tempuh 2 hari 2 malam jika menggunakan bus umum. Perhatian ibu yati pun semakin hari semakin tak terkendali. Yati memiliki 4 orang adik yang juga harus kuliah dan sekolah, terlihat sang ibu lebih memerthatikan dan lebih royal kepada kekasih yati ketimbang 4 orang adik yati yang itu adalah anak kandungnya sendiri. Sementara sang ayah tidak tahu menahu mengenai kebiasaan istrinya yang ternyata royal dan berlebih memerhatikan kekasih yati.

Bisakah anda bayangkan, yati telah menjalin hubungan dengan kekasihnya lebih dari 6 tahun lamanya. Semua telah diberikan untuk mendukung hubungan yati dan kekasihnya, hari hari yang dijalani pun terlihat baik baik saja dan harmonis. Tiba tiba keluarga kekasih yati pun datang kerumah keluarga yati, dan menyampaikan bahwa kekasih yati telah dijodohkan dengan orang lain. Alasannya, karena keluarga kekasihnya itu tidak suka dengan sikap ibu yati yang terlihat royal dan berlebih sampai merendahkan keluarga kekasihya tersebut.

Apa hendak dikata, singkat cerita kekasih yati pun segera menikah dengan pilihan keluarga besarnya, dan meninggalkan yati untuk selama lamanya. Sejak dari pernikahan itu, ternyata ibu yati merasa geram dan sedih teramat dalam. Hingga ia terus menangis, menjerit histeris karena serasa telah habis seluruh curahan hati, pikiran dan harta untuk mendukung hubungan anaknya. Ternyata hubungan mereka berakhir dengan kegagalan.

Sepertinya ibu yati pun tidak tinggal diam, untuk membalaskan sakit hatinya, sang ibu pun menjodohkan yati dengan pilihannya. Tidak lama kemudian, ibu yati pun menikahkan yati dengan pilihannya tersebut. Terkesan terburu buru akhirnya pernikahan yati pun terlaksana. Tapi ada hal yang mengganjal pada pernikahan yati, keganjinlan itu justru menjadi buah bibir dalam keluarga besar yati sendiri.

Keluarga besar yati, sempat bertanya dengan besarnya mahar 50 gram emas tersebut, lantaran keluarga bisa melihat bahwa calon yati tersebut bukanlah orang yang berada, ditambah lagi saat keluarga mengatar yati kerumah calonnya tersebut, terlihat jelas bahwa kamar pengatinnya pun berlantaikan tanah yang dilapisi karpet. Intinya melihat dari sosok calon tersebut ditambah lagi ia belum mendapat kerjaan. Sepertinya tidaklah sanggup untuk memahari yati dengan 50 gram emas. 

Tapi pada kondisi saat itu, keluarga besar lebih memilih diam, dan mendukung saja hingga prosesi acara nikah selesai. Hari pun berganti hari, bulan dan tahun pun berganti. Hingga yati kini telah memiliki buah hatinya hasil dari pernikahannya dengan suami pilihan ibunya tersebut. Satu ketika setelah 2 tahun berjalan pasca pernikahan yati, ibunda yati pun tiba tiba jatuh sakit dan terkena penyakit yang cukup mematikan, sampai harus menjalankan operasi besar.

Selama hampir setahun berobat dan melewati masa kritis, ibunya tetap terbaring dirumah sakit. Semakin hari keadaan keuangan keluarga mereka pun kian menipis, karena banyaknya biaya yang harus dibayar untuk berobat sang ibu. Melihat kondisi ibunda yang terus sakit sakitan dan terlihat semakin parah, maka tiba tiba terjadilah hal yang cukup mengejutkan.

Bermula dari pengakuan suami kepada yati yang mengatakan bahwa ternyata emas senilai 50 gram tersebut bukanlah miliknya, akan tetapi mahar itu adalah pemberian ibu yati sendiri yang diberikan kepadanya, dan meminta untuk dijadikan emas kawin yati. Suaminya mengaku, bahwa saat itu secara diam diam ibunda yati meminta kalau 50 gram mas ini sajalah yang dijadikan mahar kawin anaknya, karena agar terlihat gengsi dan keren kalau anaknya dimahari senilai 50 gram emas. 

Pengakuan suami yati pun berlanjut bahwa ia telah berkonsultasi kepada para ulama setempat bahwa, jika seperti itu kejadiannya, maka pernikahan mereka pun tidak sah secara agama, dan apabila dilanjutkan maka sama halnya mereka telah melakukan zina seumur hidupnya, lantaran pernikahan yang tidak sah.

Puncak dari kedramatisan ini adalah akhirnya mahar itupun dijual dan uangnya dijadikan untuk berobat ibunya, sementara suami yati akhirnya menceraikan yati, dan kembali menikahi yati dengan mahar yang lebih suci dan halal. Mereka pun bertaubat dan mengakui kesalahnnya, begitu pun dengan ibuda yati yang sedang sakit, ia pun pada akhirnya mengakui dosa dan kesalahannya dan segera bertaubat, hingga akhirnya ibunda yati pun sembuh dari penyakitnya walau kini ibunda harus ikhlas dalam keadaan cacat seumur hidupnya.

Inilah sekilas kisah inspiratif, betapa kita sebagai orang yang beragama tidak boleh menodai dan mengotori kesucian pernikahan. Karena harusnya pernikahan adalah ibadah bukan malah menjadi dosa. Semoga banyak pelajaran penting dan hikmah besar yang bisa kita ambil dari ulasan kisah ini. motivatorindonesia.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kisah Dramatis - Misteri Mahar 50 Gram Emas

0 komentar:

Posting Komentar