Azza Aprisaufa Motivator Muda Indonesia - Trainer Nasional Termuda - Undang Pembicara Seminar Motivasi

Senin, 20 April 2015

5 Tips Jitu Memilih Jurusan Kuliah Yang Paling Tepat

5 Tips Jitu Memilih Jurusan Kuliah Yang Paling Tepat

Salah Jurusan Bukan Berarti Salah Masa Depan. Inilah kalimat bijak yang tepat untuk mengawali 5 Tips Jitu Memilih Jurusan Kuliah Yang Paling Tepat pada postingan kali ini. Khsususnya buat adik adik yang baru menyelesaikan ujian nasional, sangatlah penting mendapatkan informasi inspiratif dari postingan ini. Bagaimana tidak, berbagai tips yang akan ditawarkan pada ulasan artikel ini tentunya akan sangat membantu kegelisahan adik adik untuk menetapkan pilihan jurusan kuliah pasca lulus dari sekolah menengah atas atau kejuruan nantinya.

Makna dari kalimat bijak diatas adalah bahwa adik adik telah siap mental dengan semua konsekuensi jurusan yang nantinya akan dipilih. Percayalah bahwa apapun jurusannya, itulah yang terbaik yang telah engkau pilih setelah usaha dan do'a yang panjang. Memang benar, bahwa sebenarnya kuliah itu bukan untuk cari kerja. Dan apapun jurusannya, dimanapun kuliahnya, toh tetap yang menentukan kesuksesan adalah ikhtiar dan upaya diri kita sendiri.

Tapi ! Apabila anda bisa kuliah dijurusan yang memang benar benar anda cintai maka langkah dan jalan anda menuju kesuksesan dan kemapanan kelak akan lebih mudah. Anda pun akan lebih nyaman dan semangat saat menjalani perkuliahan hingga selesai. Nah, berikut ini kita akan bagi bagi inspirasi bagaimana trik dan tips mendeteksi jurusan kuliah yang baik untuk masa depan anda. Sebenarnya Tips yang berisikan motivasi ini, tidak hanya diperuntukkan khusus untuk siswa yang baru tamat sekolah. Tapi juga diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa yang saat ini tengah menjalani proses perkuliahan.

Selamat membaca 5 Tips Jitu Memilih Jurusan Kuliah Yang Paling Tepat.

Tips Pertama
Anda harus lebih memerioritaskan pemilihan jurusan dari pada pemilihan Perguruan Tinggi atau Universitas. Artinya, anda harus lebih memfokuskan rencana anda lebih pada jurusan apa yang hendak diambil, bukan pada PT atau Universitas mana yang akan anda ambil. Karena, percayalah saat anda kuliah dijurusan yang anda sukai, maka dimanapun anda kuliah, baik itu swasta maupun negeri, maka anda akan tetap merasa nyaman. Kenyamanan dan kecocokan jurusan dalam kuliah itu sangat penting, Percayalah !.

Tips Kedua
Pilih kuliah dinegeri atau swasta ? sebenarnya tidak ada yang salah dengan kedua pilihan ini, anda bebas memilih yang mana saja. Karena keduanya memang sama bagusnya, jika anda mendengar anggapan orang orang disekitar anda yang mengatakan, bahwa swasta lebih baik, atau negeri yang lebih ok. Ketahuilah ! kuliah disalah satunya masih jauh lebih baik dari pada tidak kuliah. Jadi Tetap jaga semangat anda, mereka hanya berasumsi, tapi anda tetap pemilihnya. Pilih saja ! anda tidak akan salah.

Tips Ketiga
Pilih jurusan yang peluang kerjanya baik tapi kita kurang suka ? atau dijurusan yang peluangnya kelihatan biasa tapi kita suka ? Pilihan sebaiknya jatuh pada jurusan yang kita suka. Untuk masalah peluang, itu bisa diciptakan. Tidak usah khawatir hanya karena kehilangan peluang, karena kapapun anda bisa menciptakan peluang. Anda jangan melihat diri anda sekarang, karena pola pikir, keberanian dan emosi anda akan jauh lebih baik 4 tahun kedepan, pasca anda selesai kuliah nantinya.

Tips Keempat
Jika ada lebih dari satu jurusan yang anda suka, yang mana yang harus dipilih ? Pilihlah jurusan yang paling dekat hubungannya atau kaitannya dengan kebiasaan / hoby anda. Jika hoby anda nyanyi, anda bisa kuliah di sendratasik atau seni dan sejenisnya. Jika anda hoby main game dan internetan, cobalah kuliah di IT atau Informatika, jika hoby anda jalan jalan, anda bisa kuliah di pariwisata. Jika kebiasaan anda makan, jangan sungkan untuk kuliah di tataboga atau masak memasak. Temukan dan dapatkan kenyamanan kuliah dengan belajar dijurusan kebiasaan anda. Hoby yang dipelajari akan jadi lebih baik.

Tips Kelima
Bangun komunikasi dan konsultasi yang baik dengan beberapa senior yang terbukti cepat tamat kuliahnya. Kebanyakan siswa terperangkap karena berkonsultasi dengan senior yang mengalami kesulitan dengan perkuliahannya. Akibatnya, sebelum ia masuk kuliah, ia telah dihantui dengan kerumitan, dan kesukaran perkuliahan. Cari senior yang cepat tamat kuliahnya, lalu tanyakan banyak hal kepadanya. Pastilah anda akan mendapatkan pengertian baru, ilmu baru, cara berpikir yang baru, sehingga saat anda mencocokkannya dengan jurusan pilihan anda, maka kelak anda juga akan menjadi mahasiswa berprestasi seperti mereka.

Sebelum saya menyimpulkan inti dari kelima tips hebat diatas, kembali saya ingin mengingatkan, bahwa ada 2 masalah yang selalu mengganggu siswa setelah ia tamat sekolah. Kebanyakan dari mereka jarang sekali lolos dari 2 masalah ini. Masalahnya adalah "1. Pilihan langsung kerja atau kuliah ? dan 
2. Ikut keinginan orang tua atau keinginan diri sendiri ?"

Untuk masalah yang pertama ini saya tegaskan bahwa, sebaiknya pilih untuk bisa kuliah dahulu lalu setelah kuliah berjalan, bagilah waktu untuk bekerja jika anda memang benar benar ingin bekerja. Karena kuliah sambil kerja masih jauh lebih baik dari pada kerja tidak kuliah. Jika alasan anda belum ada biaya kuliah, percayalah selalu ada jalan dan cara terbaik untuk bisa kuliah, pikirkanlah baik baik caranya. Kedepankan cara, bukan mengedepankan prasangka.

Untuk masalah yang kedua sebaiknya anda tidak mengabaikan orang tua, dan juga tidak mengabaikan keinginan hati anda. Artinya saat anda mengambil pengiriman ataupun mengikuti tes seleksi masuk PT atau Universitas, anda bisa saja mengambil pilihan anda yang pertama lalu pilihan orang tua menjadi yang kedua. Saat mengisi formulir, ada 2 pilihan atau lebih bukan ? pilihan pertama tuliskan jurusan kesukaan anda, lalu yang kedua tuliskan jurusan yang diusulkan oleh orang tua anda. Saya rasa anda paham dengan maksud saya. 

Spesial kalimat untuk yang sedang kuliah dan merasa salah jurusan sehingga membuatnya salah langkah dan tidak bersemangat menjalani kuliah. Spesial kalimat bijaknya adalah " Sungguh tidak ada yang salah dengan jurusan yang anda miliki saat ini, Anda tidak sedang bermasalah dengan fakultas ataupun jurusan anda, Anda hanya sedang bermasalah dengan cara anda mensyukuri apa yang saat ini sedang anda miliki".

Inilah kelima tips jitu tersebut, semoga tips ini bisa menggambarkan bagaimana arah pilihan anda kedepannya nanti. Intinya, memang berat untuk memilih, namun percayalah ada tugas yang lebih berat setelah anda memilih nantinya. Tugas berat itu adalah ada harus bisa mengalahkan diri sendiri dan meyakinkan diri bahwa inilah pilihan yang terbaik yang telah disetujui ALLAH SWT untuk menjadi milik anda. Anda yang memilih DIA yang menyetujuinya.

Semoga postingan kali ini banyak manfaatnya untuk anda dan kita semuanya. Jika anda mempunyai niat untuk belajar, ketahuilah itu adalah tanda bahwa anda beriman. Orang beriman itu kuat, dan hidup terus belajar untuk menjadi ciptaan yang lebih baik, Terimakasih. motivatorindonesia.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Tips Jitu Memilih Jurusan Kuliah Yang Paling Tepat

0 komentar:

Posting Komentar