Azza Aprisaufa Motivator Muda Indonesia - Trainer Nasional Termuda - Undang Pembicara Seminar Motivasi

Senin, 18 Mei 2015

4 Keuntungan & 4 Kemudahan Menjadi Seorang Penulis


Berikut ini akan dijelaskan manfaat dan keuntungan anda jika menjadi seorang penulis. Tips yang akan dijelaskan dalam postingan kali ini adalah murni dari pengalaman pribadi menjadi seorang penulis buku. Menulis buku bukanlah faktor keturunan, ataupun warisan yang diturunkan dari orang tua. Menulis buku juga bukan keahlian khusus yang hanya dimiliki oleh sebagian orang. Menulis itu adalah pilihan untuk berbagi, siapapun yang punya niat untuk berbagi, dan membagi ilmunya, maka ia berpeluang menjadi seorang penulis. Karena menulis itu adalah pilihan untuk berbagi, maka siapapun, dengan keahlian apapun, dan dengan latar belakang pendidikan apapun bisa menulis sebuah karya dalam bentuk buku.

Berikut ini anda akan diajak, untuk bisa menulis sebuah karya dalam bentuk buku. Lengkap dengan segala kemudahan dan keuntungan serta manfaatnya. Negara ini krisis orang yang rajin membaca, dengan menulis mau tak mau telah memaksa seorang untuk membaca. Karena penulis sudah pasti membaca, tapi pembaca belum tentu menulis. Bukankah sebaik baiknya manusia adalah dia yang bermanfaat bagi orang lain ? Anda tidak akan bisa menjadi ciptaan yang bermanfaat bila hidup anda tidak digunakan. Buatlah karya, agar hidup anda benar benar terasa manfaatnya bagi sesama.

4 Keuntungan Menjadi Seorang Penulis
  1. Dengan menulis sebuah buku Anda berkesempatan menjadi orang yang paling banyak manfaatnya bagi sesama. Tidak penting apa yang anda tulis, tapi hal yang terpenting adalah ada yang anda tulis. Bukankah semua orang itu ingin mendapatkan pahala dari ilmu yang bermanfaat ? Jika anda menulis sebuah karya buku, maka ilmu yang anda bagikan melalui buku tersebut, tidak akan pernah ada matinya. Kentungan menjadi seorang penulis yang pertama adalah menjadi orang yang bermanfaat.
  2. Dengan menulis sebuah buku Anda tidak mungkin miskin ilmu. Kenapa ? karena, jika anda menulis pastilah akan banyak bahan yang akan anda cari dan kuasai untuk bisa menuliskan sebuah karya tulis dalam bentuk buku bacaan. Semakin anda bersemangat untuk menulis sebuah buku, maka akan semakin banyak ilmu yang harus anda baca untuk menyempurnakan karya tulis anda. Keuntungan kedua adalah anda akan kaya ilmu.
  3. Dengan menulis buku anda akan otomatis menjadi orang yang kaya finansial atau keuangan. Kenapa ? karena setiap penulis itu pasti bisa menjual karyanya. Dan biasanya sebuah buku itu dijual bahkan lebih dari 70 % dari harga cetaknya. Harga cetak / buku Rp. 9.500 bahkan bisa dijual hingga Rp. 50.000/ bukunya. Keuntungan ketiga anda akan menjadi orang yang cukup secara finansial.
  4. Dengan menjadi penulis anda akan menjadi orang yang dikenal. Seorang penulis itu umurnya bisa habis, tapi usianya tidak akan pernah habis. Karya tidak akan dibawa kedalam kubur, semasih karya anda ada, selama itu pula usia anda akan tetap ada. Keuntungan yang keempat adalah anda bisa menjadi orang yang dikenal sekaligus dikenang.
4 Kemudahan Menjadi Seorang Penulis
  1. Kemudahan yang pertama adalah dari sisi izin penerbitan buku. Buku itu umumnya memiliki nomor ISBN yang dikeluarkan dari Perpusnas RI. Sejauh ini yang kita ketahui adalah bahwa pengurusan ISBN itu cukup mudah dan sederhana. Prosesnya hanya by email dan dengan biaya Rp. 0,- alias gratis. Syaratnya juga gampang, hanya melampirkan daftar isi, kata pengantar, dan lembar judul buku. Selanjutnya ISBN akan dikeluarkan kurang dari 24 jam.
  2. Kemudahan yang kedua adalah dari sisi percetakaan. Dimana buku yang anda tulis tersebut dapat dengan mudah anda cetak sendiri dengan menggunakan printer dirumah anda dan dijadikan buku. Tidak ada peraturan yang mewajibkan kalau buku anda harus dicetak dengan penerbit dan percetakan yang ternama. Anda bisa cetak sendiri, bungkus sendiri dan jual sendiri dengan cara offline ataupun online.
  3. Kemudahan yang ketiga adalah anda bisa kapan saja menulis buku. Tidak ada patokan waktu tertentu, anda bisa menulisnya kapanpun anda mau, anda bisa menulis kapanpun anda ada waktu. Tidak ada yang bisa memaksa anda untuk menulis, jadi menulis buku itu bisa dikerjakan sewaktu waktu.
  4. Kemudahan yang keempat adalah kemudahan untuk mendapatkan ide menulis. Banyak yang mengira bahwa memunculkan ide itu sulit, tapi sebenarnya, ide itu bisa didapatkan sejauh mata kita memandang. Apa yang kita lihat, bisa jadi ide, apa yang kita dengar pun bisa menjadi sebuah ide. Ide menulis itu tak terikat, sejauh yang anda pikirkan itu tidak merugikan orang lain. Semua itu bisa anda jadikan ide untuk isi buku anda. Anda juga bebas menentukan model buku anda, apakah bersifat fiksi atau nonfiksi. Intinya semua buku bisa anda buat dengan nilai komersilnya masing masing.
Itulah 4 keuntungan sekaligus 4 kemudahan jika anda menjadi seorang penulis buku. Tidak bisa dipungkiri bahwa berbisnis dengan buku adalah salah satu bisnis yang menguntungkan anda tidak hanya didunia, tapi juga diakherat kelak. Sekali lagi, tidak penting apa yang anda tulis, yang terpenting adalah ada yang anda tulis. Sehingga memberikan banyak manfaat dan ilmu baru bagi siapapun yang membacanya. Semoga anda semakin termotivasi dan ingin hidup bermanfaat dengan menjadi seorang penulis buku. motivatorindonesia.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 4 Keuntungan & 4 Kemudahan Menjadi Seorang Penulis

0 komentar:

Posting Komentar