Azza Aprisaufa Motivator Muda Indonesia - Trainer Nasional Termuda - Undang Pembicara Seminar Motivasi

Jumat, 02 Oktober 2015

7 Cara Tepat Agar Hobi Jadi Profesi


Berikut ini adalah 7 Cara Tepat Agar Hobi Jadi Profesi untuk meningkatkan semangat dan kualitas kreatifitas bagi para pembaca sekalian. Hobi adalah kebiasaan unik yang terus dipertahankan dan dibiasakan oleh seseorang dengan caranya masing masing. Hampir tidak ada 1 orang pun didunia ini yang tidak mempunyai hobi. Jika 7 Cara Tepat Agar Hobi Jadi Profesi berhasil anda terapkan dalam kehidupan dan berani untuk mencobanya, dipastikan tidak ada satu orang pun yang tidak punya pekerjaan / profesi didunia ini kecuali ia tidak punya hobi.

Memang seperti mustahil bagaimana bisa menjadikan hobi menjadi profesi. Tapi tidak ada yang musthail jika engkau benar benar mengilmui dan mengupayakannya. Mulailah berpikir bagaimana agar hobi anda dibayar, bagaimana bisa anda mencari dan meraih rezeki dengan cara cara yang anda sukai. Hingga anda bisa bekerja dan menghasilkan nyaris tanpa beban dan hambatan karena yang anda lakukan adalah hal hal yang anda sukai, anda kuasai dan yang terpenting semua itu dibayar.

Baik sobat pembaca 7 Cara Tepat Agar Hobi Jadi Profesi berikut ini adalah murni dari pengalaman saya pribadi sebagai penulisnya. Dan dalam kesempatan yang baik ini, 7 Cara Tepat Agar Hobi Jadi Profesi ini akan menjadi milik anda dan sepertinya sangat sia sia jika anda tidak coba menerapkannya.

  1. Cara pertama adalah Anda harus terlebih dahulu meyakini bahwa itu adalah benar benar hobi anda. Dari banyaknya kegiatan yang anda sukai (A, B, C, D, dst) sepertinya tidak ada keraguan bahwa anda benar benar menyukai kegiatan yang satu ini (kegiatan A) bahkan rasanya ingin terus mengulangi kegiatan tersebut. Apa saja ! tanpa terpengaruh dan pesimis bahwa hobi itu tidak akan mungkin jadi sesuatu. Yakinkan saja bahwa pasti hobi anda tersebut akan jadi profesi baru yang baik untuk Anda.
    Cara 1 : Yakini diri bahwa kegiatan A adalah hobi Anda yang paling Anda sukai.
  2. Cara kedua adalah sempatkan waktu untuk mengilmui hobi tersebut, tanpa pernah mengeluh bahwa tidak ada waktu / tidak sempat. Ingat ! anda sedang menuju profesi impian Anda. Carilah ilmunya dari siapapun / dari manapun dan bagaimanapun caranya tempuhlah. Ketahuilah hobi yg diilmui akan bermanfaat untuk orang lain, tapi hobi tanpa ilmu hanya akan bermanfaat untuk diri anda sendiri. Sabarlah Anda memang harus belajar, jangan percaya dengan orang yang mengatakan : kalau sudah hobi tidak usah dipelajari, karena pasti bisa dengan sendirinya. Itu tidak benar !
    Cara 2 : Belajarlah dalam kesabaran, kegigihan & ketekunan untuk mengilmui Hobi Anda.
  3. Cara ketiga adalah Anda harus mencoba untuk membagi bagi hobi Anda tersebut kepada siapa saja. maksudnya adalah cobalah berpikir untuk menerapkan hobi anda tersebut atau menunjukkannya kepada orang lain secara cuma cuma. Contohnya, Jika hobi anda mengajar, maka cobalah untuk berani mengajarkan ilmu ilmu yg anda miliki kepada siapa saja. Jika hobi anda melukis, jangalah sungkan menawarkan jasa lukis anda kepada siapa saja tanpa mengharapkan pamrihnya. Ingat ! kita sedang membangun sistem agar orang membutuhkan hobi kita, begitulah seterusnya untuk hobi hobi yang lainnya juga.
    Cara 3 : Bagi bagikanlah hobi Anda kepada orang lain. Agar Anda tahu seberapa butuhnya orang dengan hobi Anda tersebut.
  4. Cara keempat adalah Anda harus tahu bahwa benar orang lain harus tetap untung, tapi anda juga tidak boleh rugi. Jadi beranikanlah untuk membuat brand atau merk serta identitas dari hobi anda tersebut dalam bentuk usaha kecil seperti : mulai menerima pesanan, mulai menerima jasa, organizer, pelayanan, design, pelatihan, percetakan dan lain lain. Tujuannya, agar anda semakin bersemangat mewujudkan hobi menjadi profesi baru. Pada cara keempat ini pastikanlah setiap hobi yang anda terapkan sudah mulai bisa menghasilkan dan jangan lihat angka atau nilainya. Pada tahapan ini nilai atau jumlah itu tidak penting, karena kita hanya ingin lihat betapa ternyata hobi anda bisa juga dibayar. Ketahuilah pesaing itu tidak ada kecuali diri anda sendiri.
    Cara 4 : Sadarlah bahwa hobi Anda telah menguntungkan & sudah saatnya hobi Anda dibayar.
  5. Cara kelima adalah membangun persahabatan dan relasi usaha dengan model usaha yang sejenis. Carilah usaha usaha yang kurang lebih punya keterkaitan dengan usaha yang sedang anda bangun dikota anda. Pastikan pergerakan diantara anda dan mereka itu saling mengisi dan menguntungkan. Ini penting untuk membuat keberadaan usaha anda lebih dikenal. Persahabatan dan relasi yang dibangun akan menjadi promosi aktif yang terus mengkampanyekan usaha Anda dan mereka secara tak langsung. Percayalah ada banyak pelajaran dari relasi yang dibangun, yang tak mungkin cukup dijelaskan dari sekedar artikel ini, tapi anda akan merasakannya saat melakukannya.
    Cara 5 : Koneksi, Relasi, Persahabatan ketiganya dibutuhkan untuk mulai mengembangkan serta memajukan usaha kecil Anda.
  6. Cara keenam adalah Carilah ide ide kreatif untuk mengemas agar hobi itu produktif. Bagaimana bisa hobi menjadi produktif ? kalau hobi di isi dengan ide ide kreatif maka hobi tidak akan disitu situ saja. Ia akan berkembang menjadi hobi yang produktif, sebagai contoh lagi : Jika hobi anda adalah olah raga senam, maka anda pun bisa membuka jasa pelatihan senam sehat untuk seluruh instansi / sekolah / perusahaan disekitar tempat tinggal anda. Dengan tidak sungkan menawarkan program program khusus dalam bentuk pembinaan / pelatihan / coaching training / lainnya, sehingga pihak pihak yang anda tawarkan akan berpikir bahwa mereka perlu melatih beberapa anggota dari karyawan mereka untuk menguasai ilmu atau peragaan senam senam sehat.
    Cara 6 : Ide akan menumbuhkan usaha Anda sampai kapanpun, usaha sebesar apapun akan mati, jika pemiliknya mati ide.
  7. Cara ketujuh adalah Jangan remehkan hobi hobi kecil Anda, kalau bisa jadikanlah untuk pendukung dan penyokong hobi anda yang telah Anda jadikan profesi baru. Sebagai contoh, jika anda memiliki hobi hobi kecil seperti menulis (maka Anda pun bisa membuat buku saku atau buku sederhana yang bisa menjelaskan tentang ilmu ilmu yang berkaitan dengan promosi usaha anda yang bisa anda pasarkan atau anda jual kepada tiap tiap pelanggan), melukis juga bisa anda jadikan pendukung tambahan (Misalnya, anda pun melukis atau memperindah ruangan atau dinding tempat kerja anda, design atau yang lainnya. Jangan pernah berpikir kalau Anda tidak bisa, sebelum Anda mencoba.
    Cara 7 : Cobalah untuk memadukan beberapa hobi kecil untuk mendukung dan memajukan hobi besar yang telah anda perjuangkan menjadi profesi baru anda. 
Inilah 7 Cara Tepat Agar Hobi Jadi Profesi sebagai bahan renungan dan tawaran inspiratif yang tidak ada salahnya dicoba. Semoga para pembaca sekalian mendapatkan ide serta ilmu yang baru setelah membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat dan Jadilah ikan besar didalam kolam kecil Anda sendiri. motivatorindonesia.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Cara Tepat Agar Hobi Jadi Profesi

0 komentar:

Posting Komentar